Bintan Kirimkan 5 Karya Inovasi TTG di Lomba Tingkat Provinsi
09 Juli 2019
Salah satu karya inovasi TTG asal Bintan, berupa mesin iris sedang dipresentasikan dalam Lomba Inovasi TTG Tingkat Provinsi Kepri di Mall Ramayana, Tanjungpinang, Selasa (9/7/2019). (Foto: Andri)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Kabupaten Bintan mengirimkan 5 karya inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) dalam Lomba TTG tingkat Provinsi Kepri yang mulai dilaksanakan, Selasa (9/7/2019).

Kelima karya inovasi tersebut yakni Pompa Hidram, Gerobak Galon Ajaib, Metode Daur Ulang Sampah Organik, Mesin Packaging dan Mesin Iris.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bintan, Ronny Kartika menyampaikan, kelima karya inovasi TTG yang diikutsertakan dalam Lomba TTG tingkat Provinsi ini melalui seleksi ketat di tingkat kabupaten.

"Artinya karya yang diikutsertakan adalah karya terbaik mewakili Bintan," kata Ronny.

Menurutnya, karya-karya yang diikutsertakan tersebut merupakan karya yang sangat sesuai dengan karakteristik Kabupaten Bintan. 

Salah satunya adalah Teknologi Pompa Hidram yang sangat berguna bagi masyarakat, termasuk pertanian.

"Teknologi ini tidak memerlukan lsitrik, namun memiliki kemampuan daya tolak hingga 30 meter. Artinya tenologi ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat secara umum, termasuk pula bagi petani," ujar Ronny.

Dirinya optimis karya inovasi TTG Bintan dapat bersaing dengan karya dari kabupaten/kota lain yang diikutsertakan.

Tahun lalu, salah satu karya inovasi TTG asal Bintan, yakni Rumah Kawin Ketam mendapat juara pertama di tingkat Provinsi dan di tingkat nasional.

"Tahun ini kami juga yakin akan mendapat yang terbaik dan bisa mewakili Kepri di tingkat nasional," ujarnya yakin. (Andri) 





Berita Terkait
Lihat Semua