Menikmati Menung di Batu Junjung
24 Desember 2016
Batu Junjung di Pantai Pengudang Bintan. (Foto: Andri Mediansyah)
Duduk termenung dan pandangilah Batu Junjung yang berada di Pantai Pengudang, Desa Teluk Sebong Bintan. Maka yang akan Anda rasakan kemudian adalah ketenangan dan damai.

INILAHKEPRI, BINTAN - Tenang itu karena Pantai Pengudang masih perawan, jauh dari hingar bingar perkotaan, bahkan cukup jauh dari pemukiman penduduk. Tak ada kendaraan hulu lalang, kecuali sampan nelayan yang melintas sekali waktu. Sisanya adalah tenang biru laut didampingi semilir angin sepoi.

Pantai Pengudang berada sekitar 1 jam perjalanan sepeda motor dari Tanjungpinang ibu kota Provinsi Kepulauan Riau. Untuk menuju ke sana, Anda bisa melalui jalur Timur Bintan Pantai Tri Kora atau KM 46 jalan lama Tanjung Uban. 

Anda akan mulai merasakan sebuah petualangan setelah melewati Desa Pengudang. Di sini Anda sebaiknya mengendarai sepeda motor mengingat jalurnya yang sempit dikelilingi ilalang dan terjal tak beraspal. Adrenalin bangkit saat anda menuruni jalan menurun lebih 45 derajat.    

Tapi percayalah lelah selama perjalanan itu akan terbalas setibanya Anda di Pantai Pengudang. Suasana begitu tenang. Hembusan angin diringi ombak menerpa pasir putih betul-betul membuat nyaman. 

Di bagian kanan pantai, Anda akan disuguhkan onggokan batu berukuran besar. Bentuknya unik. Ada sebuah batu bulat ditopang batu besar yang dinamai Batu Junjung. 

Sementara di sebelah kiri, terdapat sebuah bukit dinamai Bukit Babi. Naiklah ke atasnya. Setelah melewati ilalang setinggi dada, di puncak bukit setinggi sekitar 100 meter itu mata Anda akan disajikan pemandangan laut lepas berwarna biru. Dari sini, pohon pinus dan Batu Junjung terlihat kecil. Sementara di bagian kanan, Anda akan menyaksikan padang rumput luas.

Keunikan lainnya, di Pantai Pengudang ini Anda bisa menyaksikan momen matahari terbit ataupun tenggelam. (Andri Mediansyah) 




Berita Terkait
Lihat Semua