BMKG Imbau Waspadai Ketinggian Gelombang dan Perubahan Cuaca di Natuna dan Anambas
25 Juni 2019
Ombak bergulung di Pantai Trikora, Bintan. BMKG Tanjungpinang mengimbau warga, khususnya di Natuna, Anambas dan Bintan untuk mewaspadai ketinggian gelombang mencapai 2 meter. (Foto: Andri)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG -  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Kota Tanjungpinang mengimbau warga mewaspadai perubahan cuaca dan ketinggian gelombang di perairan Natuna dan Anambas.

Prakirawan BMKG Tanjungpinang Khalid Fikri Nugraha, di Tanjungpinang, Selasa (25/6/2019) menerangkan, ketinggian ombak di perairan di dua kabupaten di Kepulauan Riau ini diperkirakan akan meningkat dalam beberapa hari ini. 

"Ketinggian gelombang mencapai 2 meter. Penting mewaspadai perubahan cuaca," ungkapnya. 

Dia menyarankan nelayan maupun perusahaan pelayaran untuk tidak melait saat cuaca tidak memungkinkan. 

"Jika gelombang laut tinggi, dan angin kuat, sebaiknya tidak melaut," imbaunya lagi. 

Selain Natuna dan Anambas, potensi peningkatan gelombang diprediksi juga berlangsung di perairan Bintan. Di Bintan, ketinggian gelombang berkisar antara 0,5 - 1,3 meter. Sedangkan Batam, Karimun dan Lingga berkisar antara 0,5 - 1 meter. 

Khalid menjelaskan jika potensi hujan lokal diperkirakan akan berlangsung pada siang hari dan hampir merata berlangsung di seluruh Kepulauan Riau. Cuaca berawan akan terjadi pada malam hari. 

Tidak terdeteksi adanya angin kencang disebabkan awan cumulonimbus. 

"Hembusan awan masih relatif teduh", " ungkapnya. (Andri)




Berita Terkait
Lihat Semua