Belum Bahas Penghapusan DCT, KPU Tanjungpinang Tunggu Putusan Tetap Apriyandy
24 Juni 2019
Andi setelah menerima putusan bersalah Pegadilan Negeri Tanjungpinang, Senin (24/6/2019). KPU Tanjungpinang belum membahas terkait penghapusan nama dirinya dalam DCT Anggota DPRD Tanjungpinang dan masih menunggu putusan tetap. (Foto: Andri)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Terkait putusan bersalah ditetapkan Pengadilan Negeri Tanjungpinang terhadap M Apryandy, Ketua KPU Tanjungpinang Aswin Nasution menegaskan pihaknya belum bisa mengambil langkah, termasuk pembatalan Andi dalam daftar calon tetap (DCT) Anggota DPRD Tanjungpinang.

Menurut Aswin, langkah ke arah itu baru bisa mereka lakukan setelah menerima salinan putusan final atas kasus politik uang yang menjerat caleg Partai Gerindra terpilih itu.

"Apalagi kami ketahui beliau (Andi) menyatakan akan banding. Jika sudah ada putusan tetap baru kami akan menggelar rapat pleno yang hasilnya akan kami umumkan kepada masyarakat," papar Aswin dihubungi inilahkepri.com, Senin (24/6/2019) sore.

Sebagaimana diketahui, M Apryandy yang merupakan caleg DPRD Tanjungpinang terpilih dari Dapil Tanjungpinang Timur, dinyatakan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tanjungpinang bersalah dalam kasus politik uang yang membawanya ke persidangan.

Majleis hakim terdiri Acep Sopian Sauri (ketua) serta Eduart P Sihaloho dan Santonius Tambunan (hakim anggota) menyatakan Putra Walikota Tanjungpinang ini bersalah melanggar pasal 523 ayat 2 Jo. Pasal 278 Ayat 2 huruf d Undang-Undang RI Nomor 17 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum juncto Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHPidana.

Andi divonis dengan hukuman 5 bulan dengan masa percobaan selama 10 bulan, denda Rp 24 juta subsider 1 bulan penjara.

Atas putusan tersebut, Andi menyatakan pikir-pikir untuk kemudian berencana mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi di Pekanbaru. (Andri)




Berita Terkait
Lihat Semua