Labaran, Volume Sampah Meningkat 10 Ton Per Hari
14 Juni 2019
Sejumlah pemulung memilah sampah yang masuk ke Tempat pembuangan sampah akhir (TPA) Ganet, Tanjungpinang, Jumat (14/6/2019). Jelang dan setelah perayaan Idul Fitri 1440 Hijriah, volume sampah di Tanjungpinang mengalami peningkatan hingga 10 persen. (Foto: Andri)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Beberapa hari menjelang dan sesudah perayaan Idul Fitri 1440 H, volume sampah di Tanjungpinang mengalami peningkatan hingga 10 ton per hari.

Staf Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) TPA Ganet, Suardi menjelaskan, pada masa beberapa hari menjelang dan sesudah Idul Fitri, sampah yang masuk ke TPA Ganet rata-rata mencapai 90 ton per hari. Volume sampah mengalami peningkatan sebesar 10 persen dari hari-hari biasa rata-rata sebanyak 80 ton.

Penambahan sampah selama perayaan Idul Fitri yang masuk ke TPA Ganet ini umumnya merupakan sampah rumah tangga.

"Sampah rumah tangga 80 persen. Sisanya sampah sisa-sisa bangunan rumah seperti kayu dan pecahan dinding," jelas Suardi, Jumat (14/6/2019).

Kendati demikian, penambahan voluem sampah ini tidak mempengaruhi daya tampung TPA Ganet.

Suardi menjelaskan, lahan tersedia di TPA Ganet saat ini memiliki luas sekitar 1,5 hektar. Luas area tampung itu dia sebut sanggup menampung sampah hingga empat bulan kedepan.

Selain itu, UPTD TPA Ganet juga telah mempersiapkan 4,5 hektar lahan lain yang akan digunakan sebagai TPA baru.

"Kami juga cukup terbantu dengan keberadaan pemulung yang memilah sampah sehingga mengurangi volume sampah yang masuk ke TPA ini," tambahnya. (Andri)




Berita Terkait
Lihat Semua