Makam Nelyan Korban Sambaran Petir Dipugar
13 Juni 2019
Proses pemugaran makan nelayan asal Pontianak, Kalbar yang dikebumikan di Pantai Pasir Merah, Tambelan, Kamis (13/6/2019). (Foto: IST/Dokumen Polsek Tambelan)
INILAHKEPRI, BINTAN - Petugas Kepolisian Polsek Tambelan, Kamis (13/6/2019) membongkar makam seorang pria di Pantai Pasir Merah, Tambelan. 

Selain disaksikan Danramil dan unsur Muspika setempat, pembongkaran dilaksanakans sekitar pukull 09.30 WIB tersebut juga turut disaksikan ulama dan pihak keluarga korban.

Kapolsek Tambelan, Ipda Missyamsu Alson menjelaskan, pembongkaran makam dimaksudkan untuk memastikan jenazah korban ditemukan warga pada 30 Mei 2019 lalu adalah Duma, nelayan asal Pontianak, Kalimantan Barat.

"Setelah melihat jenazah (sebagian jasad tinggal belulang), istri korban membenarkan jika itu adalah Duma," terang Alson.

Istri korban mengenali dari celana olahraga bertuliskan SMK Imanuel yang masih membalut jenazah korban.

Menurut penjelaskan pihak keluarga korban, kecelakaan laut menyebabkan tewasnya Duma ini berlangsung pada 10 Mei 2019 lalu. 

Saat itu, sampan yang dia gunakan bersama empat rekannya disambar petir saat mereka memancing di Pulau Datuk, Kalimantan Barat. Sambaran petir menyebabkan sampan yang mereka tumpangi pecah. 

Empat rekan Duma berhasil diselamatkan nelayan sekitar lokasi kejadian. Tubuh mereka penuh luka bakar tersambar petir. Sedangkan Duma ketika itu tenggelam. Jasadnya kemudian ditemukan warga terdampar di Pantai Pasir Merah pada 30 Mei 2019. Sebagian besar jasadnya telah rusak.

Oleh warga, jasad Duma kemudian dimakamkan di pantai tempat ia ditemukan.

Setelah dipugar dan dibersihkan, dikafankan dan disalatkan, jenazah Duma kemudian di bawa ke Batu Lepuk untuk dimakamkan kembali secara layak.

"Ada sedikit kendala saat peti jenazah akan dibawa ke Pelabuhan Sri Bentayan Tambelan. Saat dalam perjalanan, rombongan yang menumpang kapal TNI AL dihadang ombak setinggi 5 sampai 7 meter. Tapi syukurlah cuaca kembali normal," terang Alson. (Andri) 




Berita Terkait
Lihat Semua