Jelang Idul Fitri, BI Kepri Siapkan Rp4,5 Triliun Uang Baru
23 Mei 2019
Karyawan Bank Mandiri Tanjungpinang menunjukkan uang kertas baru saat dilaksanakannya operasi pasar 17 Mei lalu. Jelang Idul Fitri ini, BI menyiapkan Rp4,5 triliun uang baru. (Foto: Andri Mediansyah)
INILAHKEPRI, BATAM - Bank Indonesia (BI) Kepulauan Riau menyiapkan Rp4,5 triliun uang kartal untuk pemenuhan kebutuhan uang masyarakat Kepri selama Ramadan dan Idul Fitri 1440 H.

Kepala Kantor BI Kepri Fadjar Majardi menjelaskan, besaran kebutuhan uang kartal yang pihaknya siapkan jelang lebaran ini juga dipengaruhi libur sekolah yang cukup lama.

Kenaikan penyediaan uang baru tahun ini dia jelaskkan mengalami kenaikan 68 persen dibandng tahun 2018 sebesar Rp3 triliun.

"Tahun ini naik menjadi Rp4,5 triliun," ungkapnya, Minggu (19/5/2019).

Untuk memudahkan pendistribusian hingga ke masyarakat, Kantor Perwakiian BI Kepri bekerjasama dengan perbankan di Batam, Tanjungpinang, Tanjungbalai Karimun dan Natuna.

Kerjasama dilaksanakan dalam bentuk pembukaan Kas titipan. Bank Indonesia menitkan uang pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk di Tanjungpinang, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk di Tanjungbalai Karimun dan PT Bank Riau Kepri di Natuna.

Kendati menyediakan uang kartel, Fadjar berharap masyarakat tidak terpaku pada transaksi tunai, tetapi dapat memanfaatkan transaksi non tunai saat Idul Fitri nanti.

"Non tunai agar lebih aman dan praktis," tegasnya.

Fadjar menyebut, peredaran uang kartal terbanyak berlangsung saar Ramadan dan Idul Fitri. Hal ini dia katakan berlaku nasional dimana faktor terbesar dipengaruhi pembagian THR. (Maulana)





Berita Terkait
Lihat Semua