Total Usulan Proyek Mencapai Rp20 T, Kepri Usulkan Jembatan Babin di Musrenbang Nasional
21 Mei 2019
Pyoyek pembangunan Jalan Lingkar Gurindam 12 di kawasan Tepi Laut Tanjungpinang. Melalui Bapelitbang, Pemprov Kepri mengusulkan berbagai proyek strategis dengan total Rp20 triliun di Musrenbang Nasional. Salah satunya adalah pembangunan Jembatan Batam Bintan. (Foto: Andri)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Pemerintah Provinsi Kepri mengusulkan program prioritas pembangunan infrastruktur dengan total anggaran sekitar Rp20 triliun ke pemerintah pusat. 

Usulan tersebut disampaikan Badan Perencanaan, Penelitian, Pengembangan (Bapenlitbang) Kepri pada Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) berlangsung di Shangri-La Hotel Jakarta, 9 Mei 2019 lalu.

Kepala Barenlitbang Kepri, Naharuddin, Senin (20/5/2019) menyampaikan jika usulan pembangunan infrastruktur tersebut merupakan skala prioritas dan strategis di Kepri.

Proyek-proyek prioritas pembangunan infrastruktur yang diusulkan ke Pemerintah Pusat diantaranya pembangunan Jembatan Batam-Bintan (Babin) yang saat ini sudah masuk dalam program nasional Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Lalu Bandara Internasional di Ranai, Kabupaten Natuna, pembangunan beberapa ruas jalan terutama di Kota Batam dan Kabupaten Bintan, serta fly over di Kota batam.

Proyek lainnya berupa infrastruktur di sektor kelautan,  seperti pembangunan lanjutan Pelabuhan Batu Ampar Batam yang berskala internasional.

"Total keseluruhan proyek mencapai Rp20 triliun," kata Nahar.

Dia berharap usulan Kepri di Musrenbang Nasional akan menjadi perhatian utama kementrian dan lembaga di tingkat pusat. Menurutnya, di Musrenbangnas tahun 2019, usulan pembangunan infrastruktur masih mendominasi. (Oma)




Berita Terkait
Lihat Semua