Semangat Ramadan di SDIT Al Madinah, Dari Pesantren Ramadan hingga Berbagi Ta'jil dan Paket Sembako
09 Mei 2019
Siswa SD Al Madinah Tanjungpinang, Kamis (9/5/2019), membagikan ta'jil kepada pengguna jalan. Selama Ramadan 1440 H, sekolah ini melaksanakan berbagai kegiatan. mulai dari Pesantren Ramadan, Pesantren Ceria, serta membagikan ta'jil dan paket sembako. (Foto: Andri)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Berbagai kegiatan dilaksanakan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Madinah Tanjungpinang di bulan Suci Ramadan 1440 H.

Mulai melaksanakan Pesantren Ramadan bagi siswa kelas IV dan V, Pesantren Ceria bagi siswa Kelas I, II dan III hingga kegiatan bersifat sosial yang bertujuan menanamkan kepedulian siswa terhadap sesama.

Salah seorang tenaga pengajar SDIT Al Madinah, Ustadz Masrudin S.Pdi menjelaskan, Pesantren Ramadhan bagi siswa kelas IV dan V dilaksanakan selama 2 hari 3 malam sejak Rabu (8/5/2019). Pada kegiatan ini, para siswa mengikuti berbagai rangkaian kegiatan, mulai dari pengajian, memperdalam kandungan ayat suci Alquran, hingga permainan bersifat mengedukasi siswa baik dari sisi keagamaan maupun bersosialisasi.

"Peserta Pesantren Ramadan ini menginap. Di sini siwa tidak hanya diajarkan mengenai agama Islam, tetapi juga melatih mereka untuk mandiri," jelas Ustadz Masrudin.

Demikian pula dengan Pesantren Ceria yang diikuti siswa kelas I hingga kelas III.

"Para siswa juga diberi pemahaman mengenai agama lebih dalam dari apa yang disampaikan saat jam sekolah normal," ungkapnya.

Berbagi Ta'jil dan Paket Sembako

Selain memberikan pemahaman agama melalui Pesantren Ramadan dan Pesantren Ceria, dalam kegiatan ini para siswa dilibatkan dalam kegiatan sosial berupa pembagian ta'jil dan paket sembako.

Seperti pada Kamis (9/5/2019) sore, para siswa dilibatkan langsung dalam membagikan ta'jil. Para siswa dibagi dalam beberapa kelompok, membagikan sebanyak 700 paket ta'jil di sejumlah lokasi. Mulai kepada pengguna jalan dan warga yang tinggal di sekitar lokasi sekolah yang terletak di Jalan Merpati, KM 12 Tanjungpinang.

Selain ta'jil, pada Ramadan tahun ini sekolah yang memprioritaskan tahfidz Alquran bagi lulusannya ini juga membagikan paket sembako kepada warga di sekitar sekolah serta warga kurang mampu.

"Paket berisi berbagai macam kebutuhan pokok senilai Rp200 ribu. Hal ini sudah menjadi tradisi di sekolah ini setiap Ramadan," tutup MUstadz Masrudin. (Andri)




Berita Terkait
Lihat Semua