Polres Tanjungpinang Terjunkan "Tim Siluman" Berantas Aksi Balap Liar
06 Mei 2019
Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi. (Foto: Andri)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Mengantisipasi maraknya aksi balap liar selama Ramadan, Polres Tanjungpinang membentuk "Tim Siluman" yang bertugas menginventarisir pelaku balap liar yang dianggap meresahkan masyarakat.

"Tim Siluman ini akan mencatat nopol (nomor polisi) pelaku balap liar," terang Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi, Minggu (5/5/2019).

Data nomor polisi yang dicatat oleh "Tim Siluman" ini akan memudahkan Polres Tanjungpinang untuk mengetahui data pelaku, orang tua, serta tempatnya bersekolah.

"Dari pengalaman sebelumnya, mereka yang terlibat balap liar umumnya adalah pelajar. Dari data itu kami akan memanggil orang tua, guru dan yang bersangkutan untuk diberikan pengarahan. Jadi untuk pelaku balap liar jangan macam-macam," papar Ucok.

Menurutnya, upaya ini dinilai cukup efektif mengurangi aksi balap liar. Beberapa jalan di Tanjungpinang, seperti Jalan Basuki Rahmat dan Jalan Raya Dompak, yang selama ini dijadikan tempat balap liar sudah cukup berkurang.

Upaya ini disebut Ucok disamping tindakan pengamanan terhadap pelaku dengan melibatkan personel TNI.

"Selain itu, kami juga melibatkan sejumlah komunitas otomotif untuk menyalurkan bakat mereka. Banyak pelaku balap liar yang ternyata memiliki bakat balapan," terang Ucok lagi.

Terhadap warga yang merasa kenyamanannya terganggu terhadap aksi balap liar, Kapolres Tanjungpinang menyarankan untuk dapat berpartisipasi dengan memberikan informasi melalui nomor pengaduan 110.

"Warga juga dapat menyampaikan keluhan terkait keamanan melalui website kami," sebutnya. (Andri)




Berita Terkait
Lihat Semua