Gubernur Kepri, Ketua Umum IKA Unilak
04 Februari 2019
INILAHKEPRI, PEKANBARU - Gubernur Kepri H Nurdin Basirun terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Universitas Lancang Kuning (IKA UNILAK) periode 2019-2023. Nurdin terpilih berdasarkan Hasil Musyawarah Nasional IV IKA UNILAK di Ballroom Hotel Pangeran, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Ahad (3/2) petang.

Sebagai salah satu alumni yang pernah mengeyam pendidikan di UNILAK, Gubernur Nurdin mengapresiasi perjalanan dari ikatan alumni yang telah memasuki tahun ke enam. Beragam prestasi telah ditorehkan oleh segenap civitas kampus diharapkan Nurdin semakin memajukan UNILAK menjadi salah satu Universitas terdepan.

“Saya selaku alumni merasa begitu bangga, ilmu yang telah saya dapat disini dapat digunakan dengan maksimal untuk pembangunan,” ujar Nurdin.

Keyakinan tersebut bukan tanpa alasan, karna menurut Nurdin banyak orang-orang yang berada diposisi strategis yang tidak hanya di bidang pemerintahan namun di bidang lainnya merupakan para alumni UNILAK.

Dunia pendidikan, menurut Nurdin sangat penting bagi keberlangsungan masa depan bangsa, karna dari pendidikan lah tercipta generasi muda yang berkualitas.

“Sebagai penerus pembangunan, generasi muda harus kita siapkan agar mendapat pendidikan yang berkualitas, saya yakin UNILAK menjadi salah satu tempat untuk mengemban ilmu menciptakan generasi penerus berkualitas,” lanjut Nurdin.

Kepada semua alumni Nurdin berpesan agar terus bersumbangsih untuk pembangunan, dengan kemampuan dan kapasitas masing-masing. Apalagi menurut Nurdin ikatan alumni sendiri merupakan forum intelektual, ketua tidaklah bisa bekerja sendiri, semua yang tergabung dalam alumni harus bersama-sama menukseskan visi dan misi.

“Sinergitas antar alumni beserta seluruh jajaran universitas harus terus ditingkatkan agar kedepan semakin banyak prestasi yang didapat,” pesan Nurdin.

Sesaat setelah terpilih sebagai Ketua, sebagai calon tunggal Nurdin kemudian membacakan rancangan program kerjanya sebagai Ketua Umum yang baru. Adapun Konsep pokok program kerja yang di jabarkan oleh Nurdin antara lain: Ikut serta dalam proses pembangunan IPOLEKSOSBUD; Mendukung masyarakat untuk berkesempatan mendapat pendidikan tinggi yang kompetitif dan berkualitas; Mempersiapkan tenaga kerja yang profesional dan mandiri; dan Mendorong peningkatan kualitas dan mutu pendidikan di UNILAK.

Munas VI IKA UNILAK sendiri diikuti oleh peserta sebanyak 200 orang yang terdiri dari alumni yang berasal dari Riau juga Kepulauan Riau, dengan mengambil tema “optimalisasi peran alumni dalam visi misi UNILAK unggul 2030”, dibuka secara resmi oleh Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi yang dalam sambutannya mengatakan bahwa Munas diharapkan dapat terbentuk kepengurusan baru dalam rangka meningkatkan dan menumbuhkembangkan pemikiran dan program baru untuk dunia pendidikan.

“Sehingga menjadi kontribusi yang maksimal bagi dunia pendidikan ini,” ujar Ahmad.

Sementara itu, Rektor UNILAK Hasnati mengatakan bahwa keberadaan Munas sendiri diharapkan semakin menguatkan kebersamaan diantara semua pihak yang tergabung dalam keluarga UNILAK yang bukan hanya berasal dari jajaran dosen maupun mahasiswa namun juga para alumni yang tenaga dan pemikirannya selalu dibutuhkan untuk kemajuan kampus.

Dalam perjalanannya, UNILAK saat ini memiliki dosen sebanyak 304 orang dengan Mahasiswa aktif sebanyak 12.270 orang dan Mahasiswa Internasional dari Thailand sebanyak 10 orang serta telah menghasilkan Alumni sebanyak 23.859 orang untuk Strata Satu dan 407 orang untuk Strata Dua. Beragam prestasi yang di torehkan UNILAK baik di daerah maupun nasional.

“Pencapaian beragam prestasi tersebut tidak terlepas dari peran serta semua civitas akademika demi mencapai visi UNILAK unggul 2030,” kata Hasnati.

Kemudian, Plt IKA UNILAK Mansur Putra Halilintar mengatakan bahwa keberadaan Munas dalam rangka untuk meningkatkan kinerja dari alumni untuk UNILAK, juga untuk melakukan pergantian kepengurusan juga menjadi hal penting.

Mansur juga menjabarkan secara singkat hasil kerja yang telah dilakukan oleh kepengurusan sebelumnya antara lain: Melahirkan anggaran dasar dan rumah tangga yang kedepan digunakan untuk setiap aktifitas IKA; Meletakan model organisasi berjenjang mulai dari tingkat Provinsi maupun Kabupaten dan Kota; mengusulkan sampai ke tahap DED Gedung Alumni dan Gedung Terpadu; Melengkapi Perlengkapan Administrasi di Kantor; Memfasilitasi beasiswa bidik misi bagi mahasiswa serta membangun komunikasi kepada semua pihak terkait visi misi dari IKA UNILAK.

Panitia Pelaksana Choirus Subechan mengatakan bahwa Munas VI menjadi momentun untuk meningkatan rasa solidaritas dan kepeduliaan almamater bagi keberhasilan UNILAK. Selain itu Munas juga dilakukan dalam rangka mencari sosok ketua baru bagi IKA untuk periode 2019-2023.

Hadir pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah H TS Arif Fadillah, Asisten Bidang Pemerintahan M Hasbi, Kepala Disperindag Burhanuddin, Kepala Dinas Pendidikan M Dali, Kepala Dinas PMD Sardison, Kepala Dinas Kominfo Zulhendri, Kepala Dinas Kepemudaan Maifrizon, Kepala Biro Pembangunan Aries Fhariandi, Kepala Biro Umum Martin L Maromon, Kepala Biro Humprohub Nilwan, Ketua BP3KR Huzrin Hood, beserta tamu undangan lainnya. (Rls)




Berita Terkait
Lihat Semua