Pemerintah Rusia Berminat Berinvestasi di Bidang Industri Pembuatan Kapal di Batam
24 April 2019
Anggota 3 Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Usaha BP Batam, Dwianto Eko Winaryo (kanan) berbindang dengan Wakil Deputi Perdagangan Kementerian Pengembangan Ekonomi Federasi Rusia untuk RI, Chesnokov Alexander dalam kunjungan ke BP Batam, Rabu (24/4/2019). Dalam pertemuan tersebut Pemerintah Rusia menyatakan ketertarikannya berinvestasi di Batam. Fokus pengembangan ekonomi yang akan digalakkan Pemerintah Rusia adalah industri pembuatan kapal. (Foto: IST/Humas BP Batam)
INILAHKEPRI, BATAM - Pemerintah Rusia berminat menanamkan investasi di Batam, Kepulauan Riau.

Niat investasi Pemerintah Rusia itu ditandai dengan dilaksanakannya kunjungan Wakil Deputi Perdagangan Kementerian Pengembangan Ekonomi Federasi Rusia untuk RI, Chesnokov Alexander beserta rombongan ke Badan Pengusahaan (BP) Batam.

Kunjungan ini dimaksudkan untuk menangkap peluang bisnis di Batam, Kepulauan Riau sebagai tindak lanjut dari kegiatan Diplomatic Trip yang dihadiri oleh Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Ludmila Vorobieva, 4 April 2019 silam.

Dalam kunjungan ini, Chesnokov bertemu langsung dengan Anggota 3 Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Usaha, Dwianto Eko Winaryo, menjabarkan secara detil peluang bisnis dan investasi di Batam, berikut sarana pendukung investasinya.
 
"Dengan posisi strategis serta sarana dan prasarana yang memadai, Batam yag saat ini didukung 24 kawasan industri, dengan tangan terbuka menyambut rekan-rekan investor dari Rusia untuk menjalin kerjasama yang baik," Kata Dwianto di ruang kerjanya, Rabu (24/4/2019).

Jalinan kerjasama ini nantinya disebut Diwanto akan menjadi permulaan yang baik bagi hubungan bilateral Indonesia dan Rusia.

Salah satu fokus pengembangan ekonomi yang digalakkan pemerintah Federasi Rusia adalah industri pembuatan kapal. Ini dikatakan Dwianto sangat cocok dengan Batam yang berpotensi untuk dilakukan penjajakan kerjasama. 

Prospek galangan kapal di Batam sangat tinggi untuk pengembangan desain dan teknologi di bidang terkait," pungkasnya.

Guna menindaklanjuti rencana kerjasama ini, pembicaraan lanjutan antara Pemerintah Rusia dan BP Batam kembali akan dilaksanakan Juli 2019 mendatang. 

Dalam kunjungan lanjutan nantinya rombongan Pemerintah Rusia dijadwalkan akan mengunjungi sejumlah industri galangan kapal di Batam. (Maulana)




Berita Terkait
Lihat Semua