5 TPS di Tanjungpinang Akan Dilaksanakan pemungutan Suara Ulang
18 April 2019
Penghitungan suara di salah satu TPS di Kecamatan Bukit Bestari Tanjungpinang. Sebanyak 5 TPS di Tanjungpinang akan melaksanakan pemungutan suara ulang disebabkan adanya pemilih luar TPS yang tidak meiliki formulir A5 namun melaksanakan pencoblosan. (Foto: Andri)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Sebanyak lima Tempat Pemilihan Suara (TPS) di Tanjungpinang dijadwal akan dilaksanakan pemilihan ulang. Kelima TPS dimaksud berada di Kelurahan Tanjung Ayun Sakti dan Kelurahan Pinang Kencana.

Kebenaran informasi ini setelah Lurah Tanjung Ayun Sakti, Kecamatan Bukit Bestari, M Septian Putra, memberikan penjelaskan, Kamis (18/4/2019).

Menurutnya, pemungutan suara ulang ini diakibatkan adanya warga tidak memiliki Formulir A5 (berdomisili di luar lokasi TPS), namun melaksanakan pencoblosan.

"Terkait aturan KPU, ini tidak memperbolehkan memilih," ujar M Septian Putra.

Empat TPS di Kelurahan Tanjung Ayun Sakti diantaranya TPS 32 (Pemiihan ulang Pilpres), TPS 17 (Pilpres), TPS 14 (Pilpres, DPD dan DPR RI), dan TPS 31 (Pilpres, DPD dan DPR RI," paparnya.

Septian tidak mengetahui pemilihan ulang akan dilaksanakan.  Pihaknya masih menunggu keputusan KPU. Pihaknya juga masih akan memastikan jumlah pemilih yang akan melaksanakan pemungutan suara ulang.

"Kami sudah berkoordinasi dengan KPU. Harus diulangkan semua. Logistik nantinya dari KPU. Untuk surat suara yang lain sudah dihitung. Sekarang akan akan didistribusikan ke Kecamatan," jelas Septian lagi.

Permasalahan ini turut menjadi perhatian khusus Polres Tanjungpinang. Kepolres AKP Ucok Lasdin Silalahi menjelaskan, Selain 4 TPS di Kelurahan Tanjung Ayun Sakti, TPS yang juga melaksanakan pemungutan suara ulang berada di TPS 14 di Kelurahan Pinang Kencana Kecamatan Tanjungpinang Timur.

Komisioner KPU Tanjungpinang, Muhammad Yusuf 

Mahidin menjelaskan, pihaknya akan melaksanakan rapat teknis di tingkap KPU Tanjungpinang.

"Terkait jadwal akan kami sampaikan," katanya. (Andri)




Berita Terkait
Lihat Semua