Dana Operasional RT/RW Triwulan I Bintan Diserahkan
08 April 2019
Bupati Bintan Apri Sujadi menyerahkan dana operasional RT/RW Triwulan I 2019, Senin (8/4/2019). Penyerahkan dibarengi dengan penyerahan dana bantuan pemerintah lainnya. (Foto: IST/Diskominfo Bintan)
INILAHKEPRI, BINTAN - Pemerintah Kabupaten Bintan, Senin (8/4/2019) menyerahkan dana operasional  bagi  RT/RW Desa/Kelurahan Triwulan Pertama 2019.

Pada tahap awal penyerahan dana operasional ini diserahkan di dua lokasi berbeda. Bagi RT/RW Kecamatan Teluk Bintan, Kecamatan Toapaya dan Kecamatan Gunung Kijang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Toapaya. Sedangkan untuk RT/RW Kecamatan Bintan Timur, Kecamatan Mantang dan Kecamatan Bintan Pesisir dilaksanakan di Aula Kantor Camat Bintan Timur.

Dana operasional di dua tempat ini diserakan Bupati Bintan Apri Sujadi dan Wakil Bupati Dalmasri Syam.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Bintan Ronny Kartika menjelaskan, pada tahun 2019 ini, untuk Operasional RT/RW, LPM, Operasional dan Tunjangan BPD Desa dianggarkan melalui APBDesa. 

Pada Triwulan I ini, Operasional RT/RW Desa/Kelurahan keseluruhannya berjumlah 809 Ketua RT/RW yang dibayarkan sebesar Rp 550.000 per bulan. Total keseluruhan bagi 809 RT/RW per Triwulan mencapai Rp 1.334.000.000.

Sedangkan untuk Operasional LPM Desa/Kelurahan total berjumlah 51 LPM Desa/Kelurahan yang dibayarkan sebesar Rp 2.650.000, dengan total keseluruhan per triwulan mencapai Rp 135.150.000.

Selanjutnya, untuk operasional BPD sebesar Rp 7,5 juta per triwulan dengan total mencapai Rp 270 juta, karang taruna di desa dianggarkan operasional melalui APBDesa bagi Karang Taruna sebesar Rp 5juta, dan Posyandu di desa juga diberikan operasional sebesar Rp 2 juta.

"Seluruh RT/RW juga diakomodir guna mendapatkan BPJS Ketenagakerjaan yang dibayarkan oleh pemerintah," jelas Ronny.


Bupati Bintan Apri Sujadi dalam sambutannya menyebutkan, bahwa peran RT/RW sebagai pelayan masyarakat merupakan suatu hal yang sangat penting. Apri menyebut RT/RW merupakan garda terdepan pembangunan Desa/Kelurahan.

"Maka peningkatan kualitas serta kesejahteraan bagi RT/RW adalah salah satu faktor pendorong suksesnya program pembangunan tersebut. Salahsatunya dengan memaksimalkan peran dan fungsi pengurus RT/RW yang  sehingga fungsi dan peran berjalan maksimal," papar Apri. (Andri)





Berita Terkait
Lihat Semua