Sepanjang 2018, Jajaran Koarmada I Selamatkan Rp1,7 Triliun Keuangan Negara
23 Maret 2019
Kapal nelayan Vietnam yang diamankan Jajaran Koarmada I saat melakukan pencurian ikan di Laut Natuna. Sepanjang tahun 2018, Jajaran Koarmada I berhasil menyelamatkan Rp1,7 triliun keuangan negara dari berbagai rangkaian kegiatan penggagalan tindak pidana di laut. (Foto: Andri)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Panglima Komando Armada (Koarmada) I TNI Angkatan Laut, Laksamana Muda Yudo Margono menjelaskan, sepanjang tahun 2018 lalu, Jajaran Koarmada I telah berhasil menyelematkan keuangan negara mencapai Rp1,7 triliun.

Di Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IV Tanjungpinang, Sabtu (23/3/2019), Yudo Margono menyatakan jika penyelamatan kerugian negara tersebut berkat upaya pencegahan berbagai tindak pidana yang terjadi di laut. Diantaranya penyeludupan miras, handphone, minyak, pencurian ikan dan narkoba.

"Penyelamatan kerugian negara itu berasal dari seluruh rangkaian pencegahan berbagai tindak pidana sepanjang tahun 2018," terang Margono.

Dan sepanjang Januari-Maret 2019, lanjut Pangkoarmada I, Jajaran Koarmada I telah menyelamatkan keuangan negara sebesar Rp 176 miliar. Selama periode tersebut jajarannya telah mengamankan sebanyak 13 kapal kapal nelayan Vietnam yang melakukan ilegal fisging, termasuk diantaranya bertugas mentransfer minyak.

"Dalam dua minggu kami menangkap peyeludupan baby lobster, Lanal Dumai mengankap penyeludupan miras, di Loksemawe diamankan penyeludupan 50 kg narkoba. Artinya itu (penyelamatan keuangan negara) dari seluruh rangkaian penangkapan dilakukan di wilayah  yang dianggap rawan di perbatasan," papar Yudo Margono.

"Saya Selalu mengingatkan jajaran untuk selalu waspada. Kami tetap melakukan prioritas operasi untuk menyelamatkan kerugian negara," sebutnya lagi. (Andri)




Berita Terkait
Lihat Semua