Tim Gabungan Razia Rutan Malam-Malam, Warga Binaan Dites Urine
18 Maret 2019
Tim gabungan dari Kanwil Kumham Kepri, BNN Kota Tanjungpinang dan Polsek Tanjungpinang Barat merazia sel tahanan Rutan Tanjungpinang, Senin (19/3/2019). Selain memeriksa barang dilarang masuk ke kawasan Rutan, sejumlah penghuni sel juga diwajibkan menjalani tes urine. (Foto: Andri)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Tim gabungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kepri bersama BNN Kota Tanjungpinang dan Polsek Tanjungpinang Barat, Senin (18/3/2019) malam, merazia Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Tanjungpinang, 

Razia menyasar kepada sejumlah barang yang dilarang digunakan di areal Rutan.

Selain razia, warga binaan Rutan juga diwajibkan menjalani tes air seni (urine).

Kepala Kantor Kemenkumham Kepri, Zaeroji menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan guna menekan gangguan keamanan di dalam Rutan Tanjungpinang.

"Dengan adanya kegiatan ini membuktikan bahwa kita main-main dalam melakukan pengawasan. Kegiatan ini tidak hanya sekedar saja, tetapi akan dilaksanakan rutin," ujar Zaeroji.

Sejumlah barang ditemukan di ruang tahanan berhasil disita. Diantaranya gunting rambut, sendok, botol minyak wangi, gunting kuku, alat pencukur jenggot dan kumis, cermin, rokok-rokok dan mancis, serta beberapa barang lain yang tidak diperbolehkan masuk ke dalam sel.

"Walaupun barang-barang terlarang seperti narkoba dan handphone tidak ditemukan, barang seperti ini sangat berbahaya jika berada di dalam Rutan," tegasnya.

"Kegiatan dilaksanakan sampai benar-benar warga binaan bisa merasakan dan memahami barang-barang seperti ini tidak boleh digunakan," kata Zaeroji lagi.

Wilayah Rutan dan Lapas dia katakan termasuk wilayah bebas korupsi. 

"Wilayah bebas korupsi bukan hanya sekedar tidak ada pungutan liar saja, tetapi seperti ini juga," tandasnya.

Sejauh ini belum diketahui hasil tes urine yang dilaksanakan. Zaerioji berharap tidak ada warga binaan di Rutan Tanjungpinang yang didapati positif menggunakan narkoba. (Andri)




Berita Terkait
Lihat Semua