Rencana Pembunuhan Jaksa Kejari Bintan, Nyawa Jaksa Dicky Dihargai Rp15 Juta
15 Maret 2019
Rian Sibarani (tengah) tersangka eksekutor yang akan membunuh Dicky Saputra, jaksa fungsional yang bertugas di Kejari Bntan. (Foto: Indra G)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Rian Sibarani (25), mengaku akan diberi imbalan Rp15 juta jika berhasil  menghabisi nyawa Dicky Saputra, jaksa fungsional yang bertugas di Bintan. 

Kepada polisi, Rian mengaku suruhan IS alias IB, narapidana yang kini menguni Lapas Narkotika KM 18 Tanjungpinang. 

Wakil Kepala Polres Tanjungpinang Kompol Sujoko, Kamis (15/3/2019) mengatakan, Rian berencana menembak jaksa Dicky menggunakan pistol semi otomatis.

Kasatreskrim Polres Tanjungpinang AKP Efendri Alie menyatakan jika pihaknya masih mendalami motif.

"Sejauh ini pengakuannya hanya suruhan salah satu napi di Lapas Narkotika Tanjungpinang. Untuk motifnya masih didalami dulu," ujar Alie. 

Menurut Ali, Rian baru menerima Rp5 juta dari Rp15 juta yang dijanjikan kepadanya. 

"Kalau sudah berhasil, pelaku baru terima sisanya uang Rp10 juta. Kita juga masih mengejar dua orang lagi," tambah Ali.

Kedua orang yang dimaksud Ali masih dalam pengejaran itu berperan sebagai penyedia senjata api, dan seorang lagi perental mobil.

"Terkait pemilik senjata api itu, akan diuji balistik dulu untuk mengetahui siapa pemiliknya," ungkap Ali.

Sebagaimana diketahui, Rian ditangkap Selasa (12/3/2019) pagi di jalan raya tak jauh dari Lapangan Pamedan. 

Dia dibekuk setelah Tim Sat Reskrim Polres Tanjungpinang melakukan penelusuran adanya rencana pembunuhan terhadap Jaksa Dicky yang sebelumnya diinformasikan pihak kejaksaan.

Diketahui sudah 2 hari Rian mengikuti Dicky. Ketika ditangkap, di dalam mobil Avanza  hitam nopol BP 1359 YW, polisi menemukan jenis ETS  Nomor 1470412 warna hitam, empat butir amunisi, ATM Mandiri dan uang tunai Rp800 ribu. 

Polisi saat ini telah memintai keterangan 4 orang saksi, termasuk Dicky yang diketahui saat ini sedang melakukan proses penuntutan terkait kasus narkotika di Pengadilan Negeri Tanjungpinang. (Indra G/Andri)




Berita Terkait
Lihat Semua