Terkait Penyalahgunaan Wewenang Penerbitan Izin Tambang, Nurdin Siap Laksanakan Rekomendasi Copot Kadis ESDM dan Kadis DPM-PTSP
12 Maret 2019
Gubernur Kepri Nurdin Basriun. (Foto: dokumen inilahkepri)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Gubernur Nurdin Basirun menyatakan siap melaksanakan rekomendasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait permintaan pencopotan Kepala Dinas Energi ESDM Kepri Amjon dan Kepala DPM-PTSP Kepri Azman Taufik.

"Saya pelajari isi suratnya. Apapun perintah pusat, kami ikuti," kata Nurdin,  Selasa (12/3/2019).

Nurdin mengaku surat tersebut belum sampai ke mejanya sehingga harus mempelajarinya terlebih dahulu.

Kepala Inspektorat Provinsi Kepri, Mirza Bahtiar menjelaskan, surat rekomendasi Kemendagri untuk mencopot Amjon dan Azman Taufik itu berkaitan dengan penyalahgunaan kewenangan dalam menerbitkan izin usaha pertambangan (IUP) penjualan tambang bauksit yang diberikan kepada PT Gunung Bintan Abadi (GBA). 

Menurut Mirza, surat itu bersifat rahasia, disampaikan Kemendagri pada akhir Februari 2019 lalu. 

"Hanya Sekretaris Daerah yang mengetahui detail isi surat itu," kata Mirza.

Semetara itu, salah seorang penyidik di Inspektorat Provinsi Kepri menyatakan jika rekomendasi Kemendagri itu didasarkan rekomendasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menurut penyidik yang minta identitasnya dirahasiakan, KPK yang melakukan supervisi mendapati adanya ketidaksesuaian atas perizinan pertambangan bauksit yang dikeluarkan Pemprov Kepri melalui Dinas ESDM dan DPM-PTSP. (Oma)




Berita Terkait
Lihat Semua