Berkat TMMD, Jalan Tanjung Kertang Rempang Cate Tidak Berdebu Lagi
07 Maret 2019
Personel Kodim 0316/Batam memberikan pembelajaran baris ber baris kepada siswa SD Negeri 001 Sembulang. Sejak dilaksanakan program pembangunan jalan berupa semenisasi di Desa Tanjung Kertang Rempang Cate, Galang, Batam, aktivitas warga setempat menjadi lebih efektif dan efisien. (Foto: IST)
INILAHKEPRI, BATAM - Kebahagiaan terpancar di wajah warga Desa Tanjung Kertang Rempang Cate, Galang, Batam. Berkat Program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD), jalan utama yang menghubungkan ke pemukiman mereka kini sudah tidak berdebu lagi.

Marzuki (34) misalnya. Ditemui Kamis (7/3/2019), warga Desa Tanjung Kertang ini mengaku sangat senang mengingat jalan di perkampungan mereka yang tadinya tanah, kini telah berubah menjadi semen. 

"Alhamdulillah, walau pelosok, jalan kampung kami akhirnya disemenisasi," kata Marzuki dikediamannya.

Hal ini dia sebut sudah lama diimpikan warga sekitar. Ini disebabkan sudah cukup lama mereka melalui jalan yang terbilang memprihatinkan.

"Dulu (sebelum disemen), kalau hujan becek. Dan kalau panas berdebu," ungkapnya.

Semenisasi yang merupakan bagian program TMMD ke 104 Kodim 0316/Batam ini dia yakini akan membantu aktivitas warga.

Seperti disampaikan warga lainnya, Ali (32). Sejak disemenisasi, mereka tidak dipusingkan lagi dengan buruknya jalan yang mereka lalui. Akses ke tempat lain dia sebut tentu akan jauh lebih cepat.

"Apa yang dilakukan TNI AD ini sangat bermanfaat bagi kami warga yang tinggal di pelosok," ujarnya.

Terkait kegiatan TMMD di Tanjung Kertang, Komandan Kodim 0316/Batam Letkol Inf Romel Jangga Wardana menyebut kegiatan ini merupakan kegiatan rutin TNI AD dilaksanakan dalam rangka menjaga kedaulatan wilayah terluar yang berhadapan langsung dengan negara asing.

Selain semenisasi jalan, kata Romel, dalam kegiatan TMMD di Tanjung Kertang personel  Kodim 0316/Batam yang tergabung dalam Tim Satgas TMMD juga memberikan pembekalan pelatihan PBB kepada pelajar di  SD Negeri 001 Sembulang. Pembekalan diberikan berupa teori dan praktik.

Pelatihan PBB ini disebut Romel bertujuan untuk memberikan semangat kepada para pelajar dalam menerapkan hidup disiplin serta bertanggung awab.

"Dengan ini kami berharap para pelajar ini menjadi generasi yang dapat di andalkan, disiplin, sehingga mereka bisa taat peraturan. Baik di rumah maupun di sekolah," harapnya. (Maulana)





Berita Terkait
Lihat Semua