Tak Perlu Surat Pindah, Urus KTP-el Cukup Bawa KK
06 Maret 2019
Loket pembuatan KTP-el di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Selasa (6/3/2019). (Foto: Andri)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Warga Negara Indonesia (WNI) tidak perlu mengurus surat pengantar Rukun Tetangga/Rukun Warga (RT/RW) untuk mendapatkan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) yang baru maupun yang pindah penduduk dari daerah asal ke daerah tujuan. Mekanisme admnistrasi kependudukan itu guna mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan. 

"Pindah penduduk tidak perlu pengantar apapun. Cukup membawa foto copy KK," ucap Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia, Zudan Arif Fakrulloh usai kegiatan rapat kerja Pemerintah Desa se Kepulauan Riau (Kepri) di Gedung Daerah Provinsi, Tepi Laut, Kota Tanjungpinang, Selasa (5/3/2019). 

Sedangkan untuk penerbitan KTP-el karena warga pindah dan datang, maka membutuhkan surat keterangan dan KK. Selebihnya, Disdukcapil setempat akan intens berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan dan kelurahan untuk diteruskan ke tingkat RT/RW.

Kebijakan baru ini, Zudan Arif menyebutkan, tertuang dalam Peraturan Presiden nomor 96 tahun 2018 tentang persyaratan dan tata cara pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil. Ketentuan itu ditekan pada 18 Oktober 2018 atas revisi dari Perpres nomor 25 tahun 2008.

Dengan demikian, pihaknya meminta kepada seluruh masyarakat Indonesia agar turut mengawasi penerapan peraturan tersebut di lingkup Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setiap kabupaten/kota.

Jika ada Disdukcapil masih juga meminta surat keterangan pindah, maka masyarakat laporkan melalui call center Dukcapil Pusat 1500537.

"Tolong masyarakat turut mengawasi kalau ada Disdukcapil masih lebai, masih minta pengantar segera laporkan agar diberikan pembinaan," tutup Zudan saat didampingi Gubernur Kepri, Nurdin Basirun. (Masrun)





Berita Terkait
Lihat Semua