Bawaslu Selidiki Kasus Bagi Kartu Nama Tiga Caleg PAN Kepada Siswa TPA di Tanjungpinang
06 Maret 2019
Ketua Bawaslu Tanjungpinang, Muhammad Zaini. (Foto: dokumen inilahkepri/Masrun)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tanjungpinang tengah melakukan investigasi terkait dugaan pelanggaran kampanye oleh tiga orang calon legislatif (Caleg) dari Partai Amanat Nasional (PAN). 

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang, Muhammad Zaini, Rabu (6/3/2019) menjelaskan, ketiga caleg PAN ini diduga menyerahkan bahan kampanye berupa kartu nama kepada 10 murid di tempat pendidikan Al-Qur'an (TPA) Al-Gannah di Jalan Batu Kucing. Hal itu berlangsung Sabtu (2/3/2019) lalu. 


"Kami (Bawaslu Tanjungpinang) bersama Panwaslu Kecamatan masih melakukan investigasi di lapangan terhadap peristiwa tersebut," kata Zaini.

Pihaknya telah mendatangi TPA yang disebut menjadi lokasi adanya dugaan pelanggaran.

Terhadap dugaan tersebut, Zaini mengaku telah memiliki bukti dugaan pelanggaran, yakni berupa kartu nama dari ketiga caleg dimaksud.

"Ada bahan kampanye caleg bersangkutan yang telah diamankan," tegasnya.

Diketahui, tiga caleg PAN yang disebut membagi-bagikan alat peraga kampanye berupa kartu nama itu adalah caleg PAN untuk DPR RI berinisial SS, caleg untuk DPRD Kepri berinisial AL dan Caleg untuk DPRD Tanjungpinang berinisia NL. Kartu nama mereka ditemukan berada di dalam tas murid TPA Al-Gannah. 

Salah seroang murid di sekolah tersebut menyaksikan seorang oknum guru di sana menyerahkan kartu nama kepada 10 orang murid. Aksi itu diketahui berlangsung saat proses belajar mengajar dilakukan Jumat (1/2/2019) sekitar pukul 20.30 WIB. (Andri)





Berita Terkait
Lihat Semua