431,97 Kg Komoditi Hewani dan Tumbuhan Ilegal di Tanjungpinang Dimusnahkan
26 Februari 2019
Proses pemusnahan komoditi hewani dan Tumbuhan dimusnahkan oleh Balai Karantina Pertanian Kelas II Tanjungpinang, Selasa (26/2/2019). Pemusnahan komoditi ilegal ini dilaksanakan untuk mencegah masuknya penyakit dibawa komoditi berasal dari luar Tanjungpinang. (Foto: Masrun)

INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Sebanyak 104,31 kilogram (kg) komoditi karantina hewan dan 299,96 kg ditambah 11 batang bibit buah serta 114 bunga komoditi tumbuhan dimusnahkan oleh Balai Karantina Pertanian Kelas II Tanjungpinang bersama instansi terkait, Selasa (26/2/2019).  Total komoditi dimusnahkan sebanyak 431,97 kilogram.

Barang ilegal itu dimusnahkan dengan cara dibakar di pekarangan Kantor Balai Karantina Kelas II Tanjungpinang, Jalan Kijang Lama, Melayu Kota Piring, Tanjungpinang Timur,  Tanjungpinang.

Pemusnahan komoditi itu, mencegah masuknya penyakit yang bersumber hewan maupun tumbuhan.

Kepala Seksi Balai Karantina Pertanian Kelas II Tanjungpinang, Purwanto mengatakan, pihaknya mengamankan barang ilegal datang dari luar daerah Kepulauan Riau itu melalui berbagai pelabuhan Kota Tanjungpinang, Bandar Udara Raja Haji Fisabilillah dan Kantor Pos sejak Oktober 2018 hingga Januari  2019.

Purwanto menyebutkan, komoditi yang dimusnahkan meliputi daging ayam, daging babi, telur ayam, dan produk olahan. Sedangkan untuk komoditi karantina sayur terdiri dari buah-buahan 299,96 kg, sayuran 31 kg, rempah-rempah 7,7 kg, bawang 20 kg, bibit buah 15 batang dan bunga 114 batang yang rata-rata berasal dari Malaysia dan Singapura.

Dia menegaskan, komoditi yang dimusnahkan itu tidak memenuhi persyaratan karantina dalam pemasukannya, dan telah terjadi pelanggaran terhadap Undang-Undang no 16 tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan. Peraturan Pemerintah no 82 tahun 2000 tentang karantina tumbuhan.

"Kota Tanjungpinang masih aman penyakit pembawa hewan," jelasnya sambil menutup sesi wawancaranya kepada sejumlah jurnalis. (Masrun)





Berita Terkait
Lihat Semua