7,5 Hektar Lahan di Tanjungpinang Terbakar Dalam Satu Hari
23 Februari 2019
Petugas Pemadan Kebakaran dari Satuan Polisi Pamong Praja dan Penanggulangan Kebakaran Kota Tanjungpinang berupaya memadamkan api yang melahap semak di lahan kosong, Sabtu (23/2/2019). Hari ini, setidaknya 7,5 hektar lahan di Tanjungpinang terbakar di dua lokasi di Kecamatan Tanjungpinang Timur. (Foto: Masrun)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Sekitar 7,5 hektar lahan di Kecamatan Tanjungpinang Timur, Tanjungpinang, terbakar pada Sabtu (23/2/2019).

Kabakaran lahan ini cukup merepotkan petugas Pemadan Kebakaran dari Satuan Polisi Pamong Praja dan Penanggulangan Kebakaran. Pasalnya kebakaran di 7,5 hektar itu terjadi di dua lokasi: 6 hektar di Jalan Punai, Kelurahan Batu IX dan sekitar 1,5 hektar di Jalan Ganet, RT 05 / RW 02, Kelurahan Pinang Kencana. 

Sebanyak 5 unit mobil pemadam kebakaran diturunkan di kawasan Jalan Punai dan 2 unit nya di Jalan Ganet. 

Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat, Satpol PP dan Penanggulangan Pemadam Kebakaran Kota Tanjungpinang, Derry Ambary menjelaskan, kebakaran di lahan kosong ini bermula dari aktivitas pembakaran sampah sekaligus membuka lahan oleh warga.


"Setelah dibakar kemudian ditinggalkan sehingga api cepat merambat rerumputan ilalang yang kering," kata Derry.

Menurutnya, proses pemadaman cukup sulit dilakukan disebabkan tanah yang berlumpur. 

"Lokasi ini (Jalan Punai) sering terjadi kebakaran," pungkasnya. 

Dalam kurun waktu tahun 2019 di lahan tersebut sudah 2 kali kebakaran. Satu akli di tahun 2018, dan antara tahun 2009-2010 sekali.

Sama seperti di Jalan Punai, ebakaran lahan di Jalan Ganet yang berlangsung sekitar pukul 10.00 WIB terbakar oleh aktivitas warga yang sengaja membakar sampah. (Masrun)




Berita Terkait
Lihat Semua