Sinyal Positif Pelabuhan Tanjung Moco Bagi Perkembangan Industri di Tanjungpinang
23 Februari 2019
Uji coba Pelabuhan Tanjung Moco, Dompak, Tanjungpinang, Kamis (21/2/2019). Badan Pengusahaan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Bintan Wilayah Tanjungpinang menyebut pengoperasian Pelabuhan Tanjungpinang memberi sinyal positif bagi perkembangan industri di Tanjungpinang. (Foto: Masrun)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Dioperasikannya Pelabuhan Bongkar Muat Tanjung Moco, Dompak, Tanjungpinang menjadi lampu hijau bagi perkembangan sektor industri Tanjungpinang.

Kepala Badan Pengusahaan Pedagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Bintan (Free Trade Zone/FTZ) Wilayah Tanjungpinang, Dean Yealta, Jumat (22/2/2019) mengatakan, Pelabuhan Tanjung Moco akan semakin memberikan sinyal berkembangnya sektor industri jika dioperasikan sebagai pelabuhan ekspor dan impor.
     
Pihaknya dia sebut akan memperjuangkan dan mempersiapkan segala sesuatunya ke arah itu. Menurut Den, Pelabuhan Tanjung Moco yang memiliki panjang 75 meter berpotensi dikembangkan menjadi pelabuhan ekspor dan impor karena satu-satunya fasilitas yang berada di kawasan bebas Tanjungpinang.

Dalam ujicoba dilakukan Kamis (21/2/2019), satu kapal berkapasitas 1.000 GMT telah bersandar di dermaga Tanjung Moco. Tapi itu dikatakan Den belum memungkinkan untuk melakukan aktivitas ekspor-impor. Setidaknya, sebuah dermaga bisa melakukan bongkar muat barang ekspor-impor jika bisa disandari tiga kapal berkapasitas besar.

"Fasilitas ini sangat dibutuhkan perusahaan industri," sebut dia.

Menurutnya, kawasan bebas di Dompak akan ada lima perusahaan industri yang akan melakukan kegiatan ekspor terhadap produknya. Diantaranya memproduksi rokok, minuman kemasan dan pesawat apung.

"Itulah kenapa pelabuhan ini sangat dibutuhkan," terangnya.

Menurut Den, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan kepengurusan administrasi agar BP FTZ Tanjungpinang bisa mengelola.

"Meski berada di kawasan bebas, tidak secara otomatis dikelola BP FTZ Tanjungpinang," tutupnya. (Andri)




Berita Terkait
Lihat Semua