Berkas Dugaan Pelanggaran Caleg PSI Tanjungpinang Segera Dilimpahkan Ke Pengadilan
21 Februari 2019
Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang AKP Efendri Ali, Kasi Pidum Kejari Tanjungpinang Muhammad Amriansyah, Komisioner Bawaslu Muhammad Zaini dan Mariyamah saat konfrensi digelar, Kamis (21/2/2019). (Foto: Masrun)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Sentra Gakkumdu (Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan)  akan melimpahkan berkas kasus dugaan pelanggaran kampanye Caleg DPRD Tanjungpinang nomor urut 2 dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ke Pengadilan Negeri.


Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang, AKP Efendri Ali menegaskan, berkas perkara Caleg DPRD berinisial RMP di daerah pemilihan Tanjungpinang Barat-Kota, telah dinyatakan rampung oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Tanjungpinang. 

"Tahap-tahap penyidikan RMP sudah selesai. Tinggal Kasi Pidum melimpahkan berkas ke Pengadilan 5 hari kedepan," ucap Efendri Ali saat konferensi pers di Kantor Bawaslu Tanjungpinang, Kamis (21/2/2019). 

Ali menyebutkan, alat bukti dalam perkara ini diantaranya berupa kartu nama Caleg RMP setra keterangan pelapor dan saksi-saksi. 

RMP diduga kuat telah melakukan kampanye di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pembangunan, Kota Tanjungpinang, beberapa waktu lalu. Saat itu mahasiswa/mahasiswi sedang melaksanakan ujian semester. 

Jika Terlapor terbukti bersalah di Pengadilan nanti, RMP terancam didiskualifikasi dari daftar Caleg DPRD Pemilu 2019.

"Selain itu, yang bersangkutan juga terancam 2 tahun penjara," imbuh Ali.

Dalam konfrensi pers turut hadir Kasi Pidum Kejari Tanjungpinang Muhammad Amriansyah, Komisioner Bawaslu Muhammad Zaini dan Mariyamah. (Masrun)





Berita Terkait
Lihat Semua