Gambar Jokowi di Spanduk Millenial Road Safety Festival Dipersoalkan
21 Februari 2019
Mahasiswa terhimpunan dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Tanjungpinang-Bintan berunjukrasa di halaman Polres Tanjungpinang, Kamis (21/2/2019). Mereka menuntut spanduk Millenial Road Safety Festival berisi foto Presiden Joko Widodo. (Foto: Masrun)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Puluhan Anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)  Tanjungpinang-Bintan menggelar aksi unjukrasa di Polres Tanjungpinang, Kamis (21/2/2019) siang. Para mahasiswa menuntut pihak Kepolisian, khususnya Polres Tanjungpinang untuk mencopot (menurunkan) spanduk berisi foto Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang juga calon Presiden Pemilu 2019.

Foto Jokowi itu tertera pada spanduk Millenial Road Safety Festival yang akan digelar Minggu (24/2/2019) nanti. 

Ketua HMI Cabang Tanjungpinang-Bintan, Muh Arifin menegaskan, pihaknya mengkhawatirkan adanya dugaan muatan politik yang terkonsolidasi secara nasional. 

Sebab program Kepolisian RI itu hanya memasang gambar Presiden RI Jokowi. Seharusnya photo Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla juga terpasang maupun jajaran petinggi Kepolisian di dalam jadwal kegiatan millenial road safety festival dimaksud.

"Dimana kita ketahui pemilih millenial saat ini di atas 50% se Indonesia," terangnya, saat membacakan pernyataan sikapnya.

Hadir saat itu Kepolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi, Ketua Bawaslu Muh Zaini dan Ketua KPU Aswin Nasution.

Selain itu, HMI Tanjungpinang-Bintan mengkhawatirkan multitafsir masyarakat. Sebab pemasangan poster dimaksud bertepatan dengan tahapan kampanye Pileg dan Pilpres 2019.

"Akan menimbulkan persepsi negatif, kecemasan di tengah masyarakat," terangnya. 

Lanjut ia katakan, seharusnya Pemerintah khususnya Kepolisian harus menyikapinya secara bijak dalam pemasangan sosialisasi kegiatan millenial itu. Karena di daerah lain di Indonesia, juga terpasang foto yang sama. 

"Saya melihat di daerah lain, seperti di Bengkulu ternyata mereka memasang Presiden RI," terangnya. 

Jika dari Pertemuan tidak mendapatkan titik temu, mahasiswa berjanji akan terus berjuang dengan menempuh jalur hukum. 

"Jangan sampai apa yang kami lakukan hari ini dipelintir oleh orang-orang atau kelompok tertentu," sebutnya. 

Arifin menambahkan, pihaknya melakukan demonstrasi sesuai hasil kajian dari Anggota HMI beberapa pekan lalu. Hal itu mengacu pada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. 

Disebutkannya, PKPU No 23 tahun 2018 tentang materi kampanye pada pasal 19 ayat (1), UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Kemudian Netralitas Polisi, UU Kepolisian RI no tahun 2002.

Sementara itu, Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi menegaskan, kegiatan tersebut telah menjadi agenda nasional yakni masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) pada tahun 2019 ini. 

Kegiatan itu semata-mata dikatakan Ucok untuk keselamatan pengguna jalan raya sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku. Sebab tingkat kecelakaan di jalan raya di Indonesia telah mencapai 65 persen yang didominasi kaum milenial dari kelahiran 1980 ke atas. 

"Pemerintah bertanggungjawab terhadap keselamatan pengguna jalan raya. Kalau itu kami sebagai lembaga abaikan maka kami melanggar aturan," jelasnya. 

"Adanya gambar Presiden itu adalah ikon pemerintah, karena kita menganut sistem presidensial. Maka itulah yang bertanggungjawab dan kegiatan itu seluruh Indonesia," terangnya. 

Menurut Ucok, Bawaslu Tanjungpinang mengatakan tidak ada unsur melanggar kampanye dalam pemasangan gambar Presiden RI Jokowidodo dalam kegiatan Millenial Road Safety Festival. 

"Dan Bawaslu serta KPU Tanjungpinang mengatakan tidak ada pelanggaran pada gambar Presiden sebagai ikon" ucap Ucok.

Ucok menanggapi, gambar Presiden RI terpasang sendiri itu adalah amanat undang-undang selaku pimpinan kepala negara. 

"Hal itu sesuai dengan mandat UU nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas juga menyebutkan tanggungjawab Pemerintah. Sekarang kita tanya kalau ada orang yang meninggal di jalan yang disalahin siapa. Persiapan pada pemerintahan," pungkasnya. (Masrun)





Berita Terkait
Lihat Semua