Diyakini Dapat Mendorong Wisata Pantai Trikora, Kadin Bintan Dorong Pelabuhan Berakit Segera Dioperasikan
21 Februari 2019
Ketua Kadin Bintan Edi Surbakti, tengah, Kabid Angkutan Pelayaran dan Penerbangan Dishub Kepri, Tri Musa Yudha, kanan, CEO Madu Tiga Resort Ambran, 2 kanan, usai FGD di De Bintan Villa Resort, Jalan Lintas Barat, Teluk Bintan, Rabu (20/2)/2019). (Foto: IST)
INILAHKEPRI, BINTAN - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Bintan mendorong pemerintah untuk segera mengoperasikan Pelabuhan Internasional Tanjung Berakit. pelabuhan melayani rute pelayaran Tanjung Berakit - Johor Malaysia ini diyakini akan meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) di kawasan pariwisata Pantai Trikora. 

Ketua Kadin Bintan Edi Rusman Surbakti pada Focus Group Discussion dengan tema Membangun Pariwisata Bintan, mengatakan, permintaan ini didasari permohonan disampaikan para pelaku usaha pariwisata.


"Kadin berkomitmen mendukung perkembangan pariwisata di Kabupaten Bintan, disamping industri-industri lainnya. Baik itu kawasan pariwisata Lagoi, maupun Trikora," kata Edi saat FGD berlansung di De Bintan Villa Resort, Teluk Bintan, Rabu (20/2/2019). 

Dalam kesempatan itu, Edi juga meminta Dinas Perhubungan Provinsi Kepri dapat memberikan perhatian serius untuk pengembangan transportasi darat berbiaya murah dari pelabuhan Berakit ke Tanjungpinang. Ia beralasan karena masih minim angkutan umum pada jalur tersebut. 

Dengan adanya angkutan umum yang murah, kata dia, tujuan Tanjug Berakit -Tanjungpinang akan merangsang Wisman maupun wisatawan lokal untuk berkunjung ke kawasan tersebut.

"Akan semakin banyak berkunjung dan menginap di hotel-hotel dan resort-resort di Trikora," harapnya. 

Permintaan sama juga disamapiakn Ambran. CEO Madu Tiga Resort ini juga memita pemerintah untuk segera mengoperasikan Pelabuhan Internasional Berakit, agar Wisman yang menjadi pelanggannya dapat langsung datang ke Trikora melalui pelabuhan tersebut.

Selama ini mereka datang ke Trikora melalui pelabuhan Bandar Bentan Telani (BBT) Lagoi. Wisman meminta angkutan darat yang murah seperti di Bali. Mereka mengeluh transportasi darat di Bintan mahal," kata Ambran. 

Dalam kesempatan ini, Kepala Bidang Angkutan Pelayaran dan Penerbangan, Dinas Perhubungan Kepri, Tri Musa Yudha mengatakan, Pelabuhan Berakit saat ini memang sudah selesai dibangun oleh Kementerian Perhubungan. Demikian pula fasilitasnya yang sudah lengkap. Namun, persoalannya adalah pengelolaannya yang belum diserahterimakan kepada Pemerintah Provinsi Kepri. 

"Kami meminta Kemenhub segera mengoperasikan dengan subsidi untuk awal pembukaan pelayarannya," kata Musa. 

Untuk angkutan darat murah, kata Musa, pihaknya sudah mengoperasikan 3 unit bus Damri, diantaranya dengan jurusan Berakit-Tanjungpinang. 

"Bus Damri ini dengan sistem subsidi, jadi ongkosnya murah. Tetapi jumlahnya masih sedikit," ujarnya. (Andri)





Berita Terkait
Lihat Semua