Cuaca Panas Selama Sepakan, Masyarakat Diminta Waspadai Potensi Kebakaran
12 Februari 2019
Petugas Pemadam Kebakaran memadamkan api yang membakar lahan di Batu 8 Atas, Selasa (12/2/2019). Terkait cuaca panas, BMKG Tanjungpinang mengimbau warga untuk mewaspadai terjadinya kebakaran. (Foto: IST)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang meminta masyarakat untuk mewaspadai cuaca panas yang akan melanda wilayah Kepulauan Riau (Kepri), khususnya Pulau Bintan selama sepekan mendatang.

Hal itu akan berpotensi terjadinya kebakaran lahan maupun pemukiman warga.

Prakirawan BMKG Tanjungpinang Diana Cahaya Siregar mengimbau kepada warga, khususnya yang bermukim di Pulau Bintan untuk tidak melakukan aktivitas baik pembakaran sampah disiang hari maupun di malam hari. 

"Karena suhu udara saat ini mampu mencapai 32 °C dan kecepatan angin mampu mencapai 30 km/jam," ucapnya, Senin (11/2/2019). 

Ia menerangkan, penyebab cuaca panas selama sepekan terakhir adalah, terjadinya el nino yang mempengaruhi berkurangnya pasokan uap (intensitas) air di wilayah indonesia barat (WIB), khususnya Pulau Bintan. 

"Selain itu juga disebabkan karena kencangnya angin pada lapisan awan, sehingga menyebabkan potensi untuk tumbuhnya awan hujan sangat kecil," terangnya. (Masrun)





Berita Terkait
Lihat Semua