Lantamal IV Garda Depan Keamanan Selat Malaka dan Singapura
08 Februari 2019
Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono. (Foto: Andri)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Pangkoarmada I, Laksamana Muda TNI Yudo Margono mengingatkan pentingnya letak geografi wilayah kerja Lantamal IV yang sangat strategis. 

Hal ini disampaikan Pangkoarmada I saat memberikan amanah dalam Upacara Serah Terima Jabatan Komandan Lantamal IV Tanjungpinang, Jumat (8/2/2019). 

Menurut Yudo, Selat Malaka dan Selat Singapura yang berada di wilayah Lantamal IV merupakan sea Linda of trade (SLOT), Sea Line of Communication (SLOC) dan chokepoint bagi pelayaran internasional yang merupakan jalur strategis proyeksi armada laut negara-negara maritim besar dalam rangka forward presence dan global engagement ke seluruh dunia.

"Oleh karena itu, keamanan Selat Malaka dan Selat Singapura menjadi tanggungjawab kita bersama," ujar Yudho.

Bentuk tanggungjawab tersebut disebut Yudo diwujudkan Tim Fleet One Quick Respons (F1QR) Lantamal IV yang telah berhasil menggagalkan dan menangkap beberapa tindak pidana uang terjadi di Selat Malaka dan Selat Singapura.

"Keberhasilan tersebut merupakan bentuk terjalinnya komunikasi dan kerjasama yang baik diantara stakeholder di Kepri dalam menjaga stabilitas keamanan di laut, sehingga mendapatkan apresiasi dari dunia internasional atas turunnya tingkat tindak pidana kejahatan di Selat Malaka dan Selat Singapura," papar Yudo.

Menurut Yudo, security dan prosperity merupakan bagian yang tak terpisahkan dengan kepercayaan dunia terhadap Indonesia yang seiring tumbuh seiring situasi keamanan perairan yuridiksi nasional yang selalu kondusif.

"Hal ini berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dalam menunjang pembangunan nasional di bidang maritim," tegas Yudo. (Andri)




Berita Terkait
Lihat Semua