Pengobatan Gratis di Pamedan Terbesar Se Indonesia
02 Februari 2019
Seorang tenaga medis melakukan pemeriksaan mata terhadap seorang warga dalam kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gratis dilaksanakan Walubi bersama TNI-Polri di Lapangan Pamedan Tanjungpinang, Sabtu (2/2/2019). Kegiatan sosial dilaksanakan hingga Minggu (3/2/2019) ini disebut merupakan kegiatan serupa terbesar di Indonesia. (Foto: Masrun)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Perwakilan Umat Budha Indonesia (Walubi) bersama TNI-Polri, Sabtu (2/2/2019) melaksanakan pemeriksaan sekaligus pengobatan gratis kepada masyarakat Kepulauan Riau (Kepri). Kegiatan sosial  dilaksanakan di Lapangan Pamedan, Tanjungpinang ini disebut sebagai kegiatan terbesar serupa terbesar di Indonesia. 

Pengobatan bertema "Sinergitas TNI-Polri dan Walubi serta komponen bangsa lainnya untuk NKRI ini melibatkan sebanyak 279 tenaga medis. Mulai dokter umum, dokter spesialis, perawat, bidan hingga tim pendukung alat kesehatan lainnya. 

Kegiatan dilaksanakan selama selama 2 hari ini (hingga Minggu/3 Februari 2019) menargetkan 6.000 pasien.

Pemeriksaan serta pengobatan gratis diawali dengan seremoni, dihadiri Ketua Umum DPP Walubi Hartati Murday, Wakil Gubernur Kepri Isdianto, Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Panglima TNI Brigjen TNI Purnomo, Wakapolda Kepri Brigjen Pol Yanfitri Halimansyah, Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi, Wali Kota Tanjungpinang Syahrul, Direktur Bimas Budha Kementerian Agama RI Supriyadi dan unsur TNI-Polri lainnya serta tokoh agama, masyarakat, pemuda dan instansi terkait. 

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Walubi, Hartati Murdaya mengatakan, kegiatan amal dan kebajikan ini ditujukan untuk membantu warga yang belum tersentuh pelayanan kesehatan, khususnya warga Kota Tanjungpinang. 

Hartati Murdaya mentakan kegiatan dilaksanakan di Kepulauan Riau ini merupakan kegiatan terbesar di Indonesia dari beberapa agenda serupa sebelumnya. Sebelumnya Walubi pernah melaksanakan pelayanan kesehatan gratis terhadap warga Kabupaten Magelang, Jawa Tengah di pelataran candi Borobudur pada 2018 dan tahun 2017.

"Kalau Imlek sudah ke 16 kali, kalau pengobatan baru yang ke 3. Tapi yang besar baru kali ini," ucap Hartati kepada sejumlah jurnalis nasional maupun lokal di lokasi acara. 


Kegiatan dilaksanakan Walubi bersama TNI-Polri ini melayani berbagai pemeriksaan dan pengobatan berbagai penyakit. Diantaranya kesehatan umum, gigi, mata serta layanan bedah minor. Di tenda-tenda yang ada terdapat sejumlah stan merupakan ruang screening bedah minor, mata, poli mata, poli gigi, poli umum dan laboratorium. 

Masyarakat Kepulauan Riau dapat memanfaatkan layanan kesehatan ini secara gratis. (Masrun)




Berita Terkait
Lihat Semua