DAK Fisik Kepri 2018 Terealisasi 94,48 Persen
31 Januari 2019
Plt Kanwil Ditjen Pembendaharaan Provinsi Kepri Heru Pudyo Nugroho. (Foto: Oma)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Data Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pembendaharaan Provinsi Kepri menyebut, realisasi Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Provinsi Kepri tahun 2018 mencapai Rp 753,94 miliar atau 94,48 persen.

Plt Kanwil Ditjen Pembendaharaan Provinsi Kepri Heru Pudyo Nugroho di Tanjungpinang, Kamis (31/1/2019) menjelaskan, realisasi DAK 2018  meningkat signifikan dibandingkan DAK Fisik tahun 2017 yakni sebesar 86,10 persen.

Menurut Heru, realisasi capaian DAK Fisik ini harus berdasarkan capaian output baik bidang infrastruktur, kesehatan, pendidikan dan bidang-bidang lainnya yang diharapkan mampu meningkatkan pembangunan di Kepri.


"Peningkatan realisasi DAK Fisik 2018 ini dicapai berkat sinergisitas dan hubungan baik antara DPJb Kepri dan Pemerintah Provinsi Kepri," sebutnya ," katanya dalam laporan pertanggungjawaban Rapat Koordinasi pengevakuasian pelaksanaan DAK Fisik dan Dana Desa tahun 2018.


Dikatakan Heru, meskipun telah berjalan dengan baik, realisasi DAK Fisik 2018 ini juga mengalami beberapa kendala, mulai dari perubahan regulasi, pelaksanaan kegiatan, perubahan kebijakan, keberadaan IT dan SDM.


Lanjut Heru, melalui rakor ini diharapkan semua instansi pemerintah baik Kabupaten/Kota maupun Daerah untuk dapat mengoptimalkan pelaksanaan DAK Fisik Provinsi Kepri tahun 2019 mendatang.


Heru juga mengungkapkan alokasi DAK Fisik di tahun 2019 mengalami peningkatan signifikan yakni 37,43 persen dari Rp 753,94 miliar tahun 2018 menjadi Rp 1,036 Triliun di tahun 2019.


"Peningkatan alokasi DAK fisik 2019 ini dipengaruhi oleh penambahan alokasi pada 126 bidang," ungkapnya.


Sementara, Direktur Pelaksanaan Anggaran Dirjen Pembendaharaan Pusat Wiwin Istanti yang hadir mewakili Dirjen Pembendaharaan Pusat mengatakan bahwa rakor ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada seluruh instansi untuk dapat mengelola DAK dari pusat di daerah.


Dia berharap pelaksanaan penganggaran berkualitas transparan dan akuntabel untuk masyarakat dan dapat mengakses pertumbuhan dan pembangunan ekonomi di Provinsi Kepri.


"Perealisasian DAK Fisik tersebut dapat dilakukan tepat waktu dan tepat jumlah untuk pelaksanaan anggaran fisik di daerah," ujarnya.


Sekretaris Daerah Provinsi Kepri H TS Arif Fadillah mengatakan bahwa pemerintah provinsi Kepri bakal terus mendorong pengoptimalan pelaksanaan anggaran DAK fisik di Provinsi Kepri.


"Sehingga perealisasian DAK Fisik tahun 2019 dapat terealisasi secara baik atau 100 persen," ucap Arif. (Oma)




Berita Terkait
Lihat Semua