Bibit Minta Masyarakat Awasi Pengurus GMPK Kepri
31 Januari 2019
Bibit Samad Rianto. (Foto: Masrun)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK), Irjen Pol (Purn) Bibit Samad Rianto mendorong masyarakat untuk mengawasi pengurus GMPK Kepri dalam menjalankan upaya pencegahan (preventif), penangkalan (preemtif) serta penindakan (represif) tindak pidana korupsi di wilayah administrasi Pemerintahan Provinsi Kepri kedepanya. 

Bibit menyebut, pengawasan warga itu tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 71 tahun 2000, tentang tata cara pelaksanaan peran serta masyarakat dan pemberian penghargaan dalam pencegahan, dan pemberantasan tindak pidana korupsi. 

"Yang bisa mengawasi GMPK di daerah adalah masyarakat," jelas Bibit Samad Rianto usai melantik dan mengukuhkan 6 orang pengurus DPD GMPK Kepri, di Hotel Comforta, Tanjungpinang, Kamis (31/1/2019). 

Lanjutnya, jika dikemudian hari salah seorang pengurus GMPK Kepri diduga melakukan kejahatan korupsi maka warga wajib melaporkan ke pihak Kepolisian dan GMPK Pusat melalui laman website, gmpk.or.id.

"Laporkan kepada penegak hukum. Asal ada perbuatan konkritnya, dan alat buktinya. Dan tembuskan juga ke DPP selesailah mereka itu," tegasnya. 

Mantan Wakil Ketua KPK RI ini menambahkan, sejak berdirinya GMPK pada Oktober 2013 lalu. Pihaknya telah memecat beberapa orang pengurus di daerah. Diantaranya, GMPK Provinsi Riau termasuk mengadukan salah seorang warga di Purbolinggo, Lampung Timur.

"Termasuk Riau ada ditemukan, ada juga di Purbolinggo ngaku-ngaku ya udah kita proses," sebutnya. 

Bibit Samad kembali mengatakan, dana operasional pengurus GMPK berasal dari donatur-donatur yang sifatnya tidak mengikat. (Masrun)




Berita Terkait
Lihat Semua