Mantan Wakil Ketua KPK Kukuhkan Pengurus DPD GMPK Kepri
31 Januari 2019
Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK), Irjen Pol (Purn) Bibit Samad Rianto melantik dan mengukuhkan Kepengurusan DPD GMPK Kepulauan Riau (Kepri) di Hotel Comforta Tanjungpinang, Kamis (31/1/2019). (Foto: Masrun)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK), Irjen Pol (Purn) Bibit Samad Rianto melantik dan mengukuhkan Kepengurusan DPD GMPK Kepulauan Riau (Kepri) periode 2019-2024.

Pelantikan dan pengukuhan dilaksanakan di Hotel Comforta, Kota Tanjungpinang, Kamis (31/1/2019), didasarkan SK DPP GMPK nomor: SKRP-139/GMPK/ORG/I/2019 tertanggal 29 Januari 2019. 

Dalam sambutannya, mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI ini mengajak instansi Kepolisian, Kejaksaan, pemerintah setempat untuk bersinergi dalam memerangi korupsi di wilayah administrasi Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). 

"Tujuan khusus GMPK melakukan gerakan moral," tegasnya. 

Menurutnya, korupsi di Indonesia telah menjadi budaya (kebiasaan), terjadi kesalahan pengelolaan administrasi di instansi tertentu. Selain itu, korupsi juga merupakan fenomena gunung es yakni mudah dilihat, dibaca namun tidak bisa diproses karena cenderung terbentur kepentingan penguasa. 

"Paling mereka hanya ditegur, diskors, pindah tugas, tapi tidak ada efek jera yang jelas," sebutnya. 

Hadirnya GMPK di Kepri untuk melakukan pencegahan hingga melaporkan perkara korupsi apapun baik di instansi terkait dan KPK RI. 

"Jadi kalau terjadi peluang harus kita cegah," pungkasnya. 

Sementara itu, Ketua DPD GMPK Kepri, Rosyidi mengatakan, pihaknya membantu para penegak hukum di wilayah administrasi Kepri dalam melakukan pencegahan korupsi. Sedangkan penindakannya diserahkan kepada Kepolisian dan Kejaksaan. 

"Salah satu pencegahannya kita melakukan seminar yang melibatkan unsur desa/kelurahan Kabupaten Bintan, Lingga serta Pemerintah Kota Tanjungpinang," imbuhnya. 

Berikut susunan pengurus GMPK Kepri. 
Dewan Pembina, Nurdin Basirun, Syahrul dan Rahma. 

Ketua DPD GMPK Kepri, Rosyidi. Sekretaris, Zulfaini. Bendahara, Afrizal. Biro Organisasi dan Kaderisasi, Candan. Biro Hukum, Sholikin. Bidang Pendidikan Antikorupsi, Kombes Pol (Purn) Syamsir Karim dan Solusi/Konsultasi, Iskandar Syah. (Masrun)




Berita Terkait
Lihat Semua