Warga Teluk Keriting Takjub Celana Jeans Bisa Jadi Pelampung
16 Januari 2019
Ilustrasi. (Sumber: hasil jepret layar YouTube)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Sejumlah warga Teluk Keriting Tanjungpinang takjub setelah mengetahui celana jeans yang umumnya banyak dikenakan orang sehari-hari bisa dijadikan sebagai alat keselamatan, khususnya saat terjadi kecelakaan di laut maupun danau.

Dalam sosialisasi menghadapi cuaca ekstrim digelar Polres Tanjungpinang bersama Badan Penanggulangan Bencana Daeran (BNPB), dan Badan SAR Nasional di Kedai Kopi 757 Teluk Keriting jam Rabu (16/1/2019), Staf Operasi Kantor SAR Tanjungpinang, Rolie Kuncoro memberikan pejelasan rinci bagaimana cara menjadikan celana jeans menjadi pelampung.

Caranya, celana jeans yang dikenakan dilepas. Kedua ujung bagian kaki celana kemudian diikat melingkar ke leher, lalu ujung yang lain dikibas-kibaskan. Dalam waktu singkat, celana jeans akan membentuk pelampung yang dapat membantu mengapung selama 3 sampai 4 jam.

"Intinya kita jangan panik. Terkadang banyak alat keselamatan. Tapi lantaran panik, kita tidak bisa menentukan alat-alat yang dapat membantu kita untuk selamat," ujar Rolie,

Selain celana jeans, masih banyak jenis alat pelampung keselamatan lain yang bisa digunakan. Mulai dari botol air mineral ukuran 1,5 liter, jerigen, hingga life jacket dan pelampung ringbouy yang lazim ditemukan di perahu nelayan maupun kapal laut.

"Botol air mineral diletakan di kepala belakang atau diletakan didada dengan cara digenggam kedua tangan. Botol air mineral ini banyak ditemukan di sekitar kita. Pengetahuan dari Jepang ini sudah disosialisasikan berbagai negara," papar Rolie lagi.

Penjelasan ini mengundang tajub warga RW 11 dan RW 15, Teluk Keriting yang mengikuti sosialisasi tersebut. 

Yanti misalnya. Warga RT 1 / RW 15 Teluk Keriting ini mengaku baru mengetahui celana jeans yang sering dipakai kebanyakan orang bisa menjadi pelampung di laut. 

"Saya baru tahu ini," katanya.

Demikian pula Ernayanti. 

"Sengetahuan kita jenis celana itu sangat berat waktu berendam di air. Apalagi waktu  berenang. Ternyata celana jeans bisa jadi pelampung," kata Erna yang juga warga Teluk Keriting. (Masrun)





Berita Terkait
Lihat Semua