Sudah Selayaknya Kepri Miliki Pengadilan Tinggi
16 Januari 2019
Ketua Pengadilan Negeri Tanjungpinang, Admiral SH MH. (Foto: Andri)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Cukup jauhnya rentang jarak antara Tanjungpinang dan Pekanbaru menjadi salah satu alasan untuk Kepulauan Riau memiliki Pengadilan Tinggi.

Kepala Pengadilan Negeri Tanjungpinang, Admiral SH MH mengatakan, koordinasi antara Pengadilan Negeri di Tanjungpinang dengan Pengadilan Tinggi yang terletak di Pekanbaru menimbulkan biaya yang cukup besar, tidak praktis dan tidak efisien.

"Supaya lebih cepat dan efisien, lebih baik memang lokasinya di Tanjungpinang. Dan berdasarkan ketentuan, setiap Provinsi memang seharusnya memiliki Pengadilan Tinggi," ungkap Admiral belum lama ini. 

Terkait ini Admiral menyebut pihaknya kembali akan mengkoordinasikan hal ini kepada Pengadilan Tinggi Riau. Terlebih saat ini di Kepri telah memiliki lahan yang memang disediakan untuk membangun Pengadilan Tinggi.

"Lokasinya di Dompak. Tapi belum dapat anggaran untuk membangun. Kami akan berkoordinasi, khususnya dengan Pengadilan Tinggi Riau untuk membangun," tambahnya.

Pindah ke Senggarang

Selain mengupayakan pembentukan Pengadilan Tinggi, Pengadilan Negeri Tanjungpinang saat ini tengah menyiapkan pembangunan gedung Pengadilan Negeri di Senggarang.

Pembangunan gedung sudah rampung, namun masih diperlukan penambahan fasilitas lain seperti landscape dan meubeler. 

"Setelah landscape dan meubelernya sudah ada, maka kita akan segera pindah ke sana," ujar Admiral.

Dia mengakui Pengadilan Negeri Tanjungpinang yang berada di Jalan Ahmad Yani sekarang ini kurang refrensentatif.

"Saat ini sudah baik. Hanya saja belum maksimal. Karena sempit, ruang belum begitu banyak. Semisal ruang tunggu yang belum refrensentatif," ungkapnya.

Gedung PN yang berada di Senggarang terdiri dari 3 lantai. Dilengkapi 7 ruang sidang (ruang sidang utama, peradilan anak, PHI, tipikor dan perdata), ruang tahanan, ruang Posbakum, dan ruang khusus IT. Setiap lantai gedung  dilengkapi toilet dan CCTV.

"Dan yang penting gedung juga memiliki halaman parkir yang jauh lebih luas dari sekarang," tambah Santonius Tambunan, Humas PN Tanjungpinang.

Ketua PN berharap pembangunan cepat diselesaikan. Bangunan yang refrensentatif dia katakan akan sangat berpengaruh kepada  kepada performa, pelayanan kepada masyarakat, dan peningkatan kinerja.

"Semakin cepat semakin bagus," tutup Admiral. (Andri)




Berita Terkait
Lihat Semua