Amizar Kabur dari Rutan Karena Rindu Anak
14 Januari 2019
Kepala Rumah Tahanan Tanjungpinang, Fonika Afandi. (Foto: Andri)
INILAHKRPRI, TANJUNGPINANG - Amizar alias Azmi (38), tahanan tindak pidana narkotika nekat kabur dari Rumah Tahanan Kelas I Tanjungpinang karena rindu dengan anak istrinya.

"Dari keterangan awal yang kita mintai, alasannya kangen sama anak dan istrinya di Tanjungbalai Asahan," kata Kepala Rutan Tanjungpinang, Fonika Afandi saat konferensi pers di Polres Tanjungpinang, Senin (14/1/2019), siang.

Sebagaimana diketahui, Amizar kabur dari Rutan Tanjungpinang pada Minggu (22/12/2018) sekitar pukul 14.30 WIB lalu dan berhasil ditangkap dalam pelariannya di Kota Dumai, Jumat (11/1/2019) sekitar pukul 15.11 WIB.

Soal kaburnya Amizar ini diakui Fazar Fonika sebagai keteledoran anggotanya. Terkait ini dia mengaku telah memberikan teguran keras. Kendati demikian Fonika meminta untuk dimaklumi mengingat petugas saat itu terbatas. 

"Satu regu hanya beranggotakan 4 orang untuk mengawasi 357 tahanan. Dan saat itu sedang ramai pengunjung," kata Fonika didampingi Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi.

Seperti diberitakan sebelumnya, Amizar yang saat ini masih menjalni masa sidang, kabur dengan memanfaatkan kelengahan petugas. Ketika waktu berangin-angin, ia memanjat atap belakang gedung dan kemudian melarikan diri.

"Soal penambahan masa tahanan itu merupakan hak pengadilan. Apalagi sekarang dia masih menjalani persidangan. Tapi dia bisa saja dicabut hak-haknya," kata Fonika.

Hak dimaksud berupa tidak mendapatkan pengurangan masa tahanan (remisi) atau diberikan sanksi berupa larangan mendapat kunjungan keluarga selama satu bulan. (Masrun)




Berita Terkait
Lihat Semua