Peringati Hari Dharma Samudera, Lantamal IV Gelar Bersih-Bersih Pantai
14 Januari 2019
Ratusan personel TNI AL, AD dan AU, kepolisian, Pegawai Pemko Tanjungpinang serta OKP dan Ormas membersihkan sampah di sepanjang Pantai Taman Bahari Lantamal IV, Senin (14/1/2019). Kegiatan dilakukan sempena Hari Dharma Samudera dalam rangka mengenang pertempuran Laut Arafuru. (Foto: Andri)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Hari Dharma Samudera  dalam rangka mengenang pertempuran Laut Arafuru (15/1/2019) diperingati Pangkalan TNI Al (Lantamal IV) dengan melakukan bersih-bersih pantai. 

Ratusan personel TNI AL, TNI AD, TNI AU, Polri, Pegawai Pemko Tanjungpinang serta Ormas dan OKP bersinergi membersihkan sepanjang Pantai Taman Bahari yang berada dalam Komplek Lantamal IV, Batu Hitam Tanjungpinang.

Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama R Eko Suyatno menyebut jika sebenarnya kegiatan bersih-bersih pantai merupakan kegiatan rutin dilakukan.

"Tapi kegiatan serupa ini tetap harus rutin dilaksanakan," kata Danlantamal IV.

"Saat ini kita masih memunggungi laut," tegasnya lagi.

Sampah laut, khususnya di Tanjungpinang, disebut Danlantamal IV masih merupakan permasalahan yang harus terus-menerus diperangi. Pada musim tertentu, seperti Musim Angin Utara saat ini, kondisi pasang-surut menjadikan sampah terperangkap memenuhi kawasan pesisir.

"Semoga kita yang hadir di sini dapat menjadi pelopor dalam memerangi sampah," tegas Danlantamal mengakhiri sambutan.

Hal senada disampaikan Sekdako Tanjungpinang Riono. Dalam sambutannya, Riono menyebut jika kegiatan dilakukan Lantamal IV Tanjungpinang sejalan dengan tujuan Pemko dalam memerangi sampah laut.

"Tahun 2018, Tanjungpinang kembali memperoleh Piala Adipura. Dan ini (kegiatan dilaksanakan Lantamal IV) sejalan dengan apa yang diupayakan pemerintah dalam penerimaan Adipura yang persyaratannya bertambah dari tahun ke tahun," ujar Riono.

Sebagai bentuk sinergitas dalam upaya menangani permasalahan sampah khusus di kawasan pesisir dilaksanakan Lantamal IV ini, selain melibatkan sejumlah pegawai, Pemko Tanjungpinang juga berkontribusi menyumbang 2 truk yang difungsikan mengakut sampah hingga ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah. (Andri)





Berita Terkait
Lihat Semua