Lantamal IV Masih Mendalami Keabsahan Kapal Tanker MT Teguh 9 yang Diamankan di Teluk Jodoh
08 Januari 2019
Personel Lantamal IV Tanjungpinang melakukan penjagaan terhadap Kapal Tanker MT Teguh 9 di Dermaga Fasharkan Mentigi, Tanjunguban, Senin (7/1/2019). Kapal tanker ini diamankan Lantamal IV karena diduga melakukan pelanggaran pelayaran pada Sabtu (5/1/2019) lalu.
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Pangkalan TNI AL (Lantamal) IV Tanjungpinang masih melakukan penyelidikan terhadap kapal tanker MT Teguh 9 yang diamankan di Perairan Utara Teluk Jodoh, Batam, Sabtu (5/1/2019).

Penyidik Lantamal IV masih melakukan pendalaman terkait keabsahan muatan, dokumen kapal, termasuk 13 WN Indonesia yang merupakan ABK kapal berbendera Malaysia tersebut.

"Harus dibuktikan. Kapal, ABK dan muatannya harus dibuktikan. Makanya sekarang kita sedang melakukan pemeriksaan lebih dalam," kata Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama R Eko Suyatno, di Tanjunguban, Senin.

Menurut Danlantamal, ada sejumlah kejanggalan terhadap kapal mengangkut 1.762,130 KL atau 1.497,8 ton solar (HSD) tersebut. 

"Selain berada di luar TSS, waktu diamankan kapal tidak menyalakan AIS (Automatic Identification System). Ini patut dicurigai. Ada apa siang-siang berlayar tapi tidak mengaktifkan AIS," tegas Danlantamal.

"Dalam situasi ini akan dibuktikan. Kalau benar ya benar. Tapi kalau salah ya harus ditindak," lanjut Danlantamal lagi.

MT Teguh 9 diamankan KAL Anakonda II-4-61, salah satu unsur Satuan Kapal Patroli Pangkalan Utama Angkatan Laut IV (Satrol Lantamal IV) di Perairan Utara Teluk Jodoh, Batam, Sabtu (5/1/2019).

Kapal diamankan karena diduga melakukan pelanggaran UU pelayaran. Kapal tersebut mematikan Automatic Identification System (AIS) yang diduga sengaja agar tidak terlacak oleh petugas. Port Clearance kapal diketahui palsu, ABK tidak disijil dan pasport tidak distempel pejabat imigrasi. 

Upaya komunikasi dilakukan KAL Anakonda menggunakan radio FM chanel 16 dan 14 tidak direspon, hingga akhirnya kapal tersebut diamankan dan kemudian digiring ke Dermaga Fasharkan TNI AL di Mentigi, Tanjunguban. (Andri)




Berita Terkait
Lihat Semua