Gubernur Kepri Resmikan Sirkuit Motor Cross Permanen di Pulau Dompak
29 Desember 2018
Gubernur Nurdin Basirun (kanan) bersama pengurus IMI Kepri mencoba lintasan sirkuit Motor Cross permanen di Pulau Dompak, Sabtu (29/12/2018). (Foto: Masrun)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun, Sabtu (29/12/2018) sore, meresmikan sirkuit motor Cross permanen di kawasan Pulau Dompak, Tanjungpinang.

Peresmian sirkuit sekaligus dilaksanakannya iven Super Grasstrack. Peresmian ditandai pengguntingan pita, pelepasan balon gas ke udara oleh Gubernur Kepri, Wakil Wali Kota Tanjungpinang Rahma, Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi, dan Dispora Kepri. 

Setelah itu, Nurdin Basirun mengendarai sepeda motor nomor 23 Cross XBC SE 250 Open bersama Ketua Koordinator Wilayah (Korwil) Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kepri, Usep Rs dan Korwil IMI Kota Tanjungpinang, Yova Apriazir, melintasi jalan sirkuit yang bebatuan, tikungan tajam serta berbukit. 

Dimana lomba motor cross yang diikuti belasan kelas mulai CC 130 hingga 250 CC baik tingkatan junior maupun yunior dari masing-masing daerah Kepri. Kegiatan event grasstrack Korwil IMI Kota Tanjungpinang dilaksanakan mulai Sabtu-Minggu (29-30/12/2018). 

Dalam kesempatan itu, Gubernur Kepri mengatakan, patennya lokasi olahraga motor cross Kepri di Dompak ini merupakan kerjasama semua pihak dalam menggali potensi para generasi muda kedepanya. 

Tempat lomba balap motor cross ini juga, kata Nurdin adalah sebagai media pembelajaran, khususnya bagi para pencinta dunia otomotif di Kepri. Untuk menyalurkan bakat-bakat generasi milenial yang selama ini terpendam. 

"Untuk fasilitas tetap pemerintah dukung, untuk kita bangun sehingga menjadi tempat olahragawan yang berstandar internasional," ucap Nurdin saat memberikan sambutan. 

Dengan harapan para anak-anak muda kedepanya, tidak lagi melakukan balapan liar di jalan raya. Selain itu, para pencinta otomotif khususnya peserta lomba bebas dari narkoba. 

"Kita harapkan kegiatan dapat berjalan lancar, dilakukan pembinaan terus-menerus," terangnya. 

'Ini akan menjadi data kita mengenai industri otomotif dan sumber daya manusianya. Untuk menjadi garda terdepan di berbagai jenis bidang olahraga," sambung Nurdin. 

Ia menambahkan, kepada seluruh masyarakat Kepri, khususnya warga Kota Tanjungpinang agar memelihara aset ini. 

"Saya harap masyarakt dompak jaga pembangunan ini, pohon jangan dirusak supaya keasrian nya tetap terjaga," pungkasnya. 

Sementara itu, Ketua Korwil IMI Kepri, Usep Rs mengatakan, targetnya lokasi ini akan menjadi ajang lomba motor cross nasional.

Olehnya itu, pihaknya meminta dukungan penuh Pemerintah Provinsi serta Pemerintah Kota Tanjungpinang dan organisasi otomotif di Kepri untuk berperang aktif atas keberlangsungan kegiatan ini kedepannya. 

"Di Dompak kita akan rencanakan kejuaraan nasional (kejurnas) ke-4 tahun 2019 nanti dan internasional kedepannya," harapnya. 

Ia menilai, jika kejurnas ke-4 diselenggarakan di Kepri maka otomatis akan menambah pendapatan asli daerah (PAD) serta meningkatkan perekonomian lokal. 

Dalam kesempatan itu, Usep melaporkan, ternyata Kepri telah memiliki bibit pembalap motor cross yang berkiprah dikanca nasional.

"Yakni anak asal Kota Tanjungpinang bernama AJI Gondo Susilo telah memenangkan kejurnas Drag Bike 200 cc tahun 2018 di Surabaya. Selain itu Ginanjar dari Kota Batam," imbuhnya. (Masrun)





Berita Terkait
Lihat Semua