BPBD Imbau Ditempatkan Penjaga di Kawasan Pantai Rawan Kecelakaan
28 Desember 2018
Sejumlah petugas BPBD Kepri melakukan patroli di kawasan Pantai Trikora. BPBD mengimbau ditempatkan penjaga di kawasan pantai rawan kecelakaan. (Foto; IST/BPBD Kepri)
INILAHKEPRI, BINTAN - Musim Angin Utara mengakibatkan rawannya potensi kecelakaan laut yang tak jarang memakan korban. Untuk mengantisipasi hal ini, BPBD Kepri melakukan koordinasi sekaligus meninjau sejumalah kawasan wisata bahari.

Salah satu fokus peninjauan adalah kawasan wisata yang ada di Kabupaten Bintan yang ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Diantaranya Pantai Trikora III, IV dan Serumpun Padi Emas yang belum lama ini memakan korban jiwa.  

Peninjauan termasuk juga dilakukan Kawasan Wisata Lagoi Bay yang saat ini telah memiliki Penjaga Pantai dan SOP melarang wisatawan untuk berkegiatan di air khususnya musim cuaca ekstrim seperti saat ini. 

“Mengingat rawannya kawasan wisata bahari seperti Pantai Trikora, sudah selayaknya disediakan petugas khusus penjaga pantai," ujar Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Provinsi Kepulauan Riau, Hardin Nafii, Jumat (28/12/2018).


Selain petugas, lanjut dia, kawasan dinyatakan rawan juga harus diberi batas aman untuk melakukan kegiatan di air serta peralatan yang mumpuni untuk melakukan evakuasi jika mendapatkan laporan orang hanyut atau hilang.

Terpisah, Kades Malang Rapat, Hairudin menjelaskan jika di tahun ini saja sudah terjadi lebih dari 10 kasus kecelakan laut yg memakan korban. Yang menjadi korban adalah wisatawan dan nelayan.

Menurut Hairudin, satu penyebab kecelakaan diantaranya minimnya petugas pengamanan pantai. Dia mengaku telah meminta pengelola resort dan pantai untuk menyediakan penjaga pantai yang berkompeten dan dilengkapi dengan peralatan yang memadai. (Andri)





Berita Terkait
Lihat Semua