65 Awak Kapal Laut dan Pramugari Jalani Tes Urine
26 Desember 2018
Petugas BNN Tanjungpinang melaksanakan pemeriksaan urine, Rabu (10/9/2018) lalu. Rabu (26/12/2018) pagi, pemeriksaan tes urine dilakukan terhadap 65 awal kapal dan pramugari. (Foto: Masrun)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Sebanyak 65 awak kapal laut serta kapten dan pramugari tiga maskapai mengikuti tes air seni (urine) yang dilaksanakan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK)keselamatannyanang di dua tempat terpisah pada Rabu (26/12/2018)  pagi. 

Kegiatan BNNK Tanjungpinang itu dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2019. Sehingga pengendali pelaksanaan perjalanan laut dan udara dapat terjamin keselamatannya hingga di tempat tujuan masing-masing. 

Kepala Kantor BNNK Tanjungpinang, Darsono mengatakan, hasil tes dari sejumlah awak kapal laut dan pesawat itu negatif narkoba. 

"Alhamdulillah, para awak kapal dan pesawat benar-benar tidak menggunakan narkoba," jelasnya saat dikonfirmasi. 

Lanjut Darsono menyebutkan, 45 orang dari kapten dan anak buah kapal (ABK) kapal laut baik tujuan Tanjungpinang, Malaysia, Kota Batam, Tanjung Balai Karimun, Dabo Lingga dites urine nya di Ruang Tunggu Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang. 

Sedangkan kapten dan pramugari maskapai Sriwijaya, Lion Air dan Garuda Indonesia yang dites urine sebanyak 20 orang di Bandar Udara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang. 

"Yang kita tes saat ini adalah awak kapal laut dan pesawat, yang mana orang-orang ini adalah pengendali pelaksanaan perjalanan laut dan udara," tuturnya. 

Saat prosesi pemeriksaan urine berlangsung, pihaknya menyampaikan kepada seluruh pengurus kapal laut dan pesawat untuk tidak mengkonsumsi jenis narkoba apapun. Karena tidak baik untuk kesehatan baik fisik maupun mental seseorang. 

"Dengan harapan terhindar dari bahaya laten narkoba baik diri sendiri maupun keluarga dan orang lain," imbuhnya. (Masrun)





Berita Terkait
Lihat Semua