15 Napi Rutan Tanjungpinang Dapat Remisi Natal 2018
25 Desember 2018
15 Napi Rutan Kelas 1 Tanjungpinang mendapatkan remisi Natal 2018. Mereka tengah mendengarkan pengurangan masa hukuman di Aula Rutan setempat, Selasa (25/12/2018). (Foto: IST/ Humas Rutan Kelas I Tanjungpinang).
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Sebanyak 15 Narapidana (Napi) di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Tanjungpinang mendapatkan pengurangan masa hukuman (remisi) pada Hari Raya Natal 2018.

Kepala Rutan Kelas I Tanjungpinang,  Fonika Afandi mengatakan, dari 15 orang itu, 13 Napi mendapatkan pemotongan masa tahanan selama 13 hari, dan sisanya 1 bulan. 

"Tidak ada yang langsung bebas," kata Fonika, Selasa (25/12/2018). 

Pemberian remisi kepada warga binaan itu, disebut Fonika, karena dianggap telah mencapai penyadaran diri yang telah tercermin dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan Rutan. 

"Pemberian remisi khusus pada hari ini dalam suasana Natal damai, khidmat dan penuh kedamaian kepada siapa saja yang merayakannya," ucapnya.

Lanjut Fonika menyebutkan, Napi yang mendapatkan masa potongan diantaranya terpidana dalam kasus pencabulan, pencurian, narkoba dan tindak pidana penggelapan dalam jabatan. 

Pemberian remisi dimaksud, menurutnya untuk memberikan harapan bagi warga binaan agar terus memperbaiki tingkah laku di lingkungan Rutan. Sehingga cepat pula berintegrasi dengan masyarakat di luar nantinya. 

Program remisi kepada warga binaan adalah, merupakan salah satu program yang tertuang dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia No 13 tahun 2018 tentang revitalisasi penyelenggaraan pemasyarakatan. 

"Ini dapat memacu semangat warga binaan Pemasyarakatan dalam mengikuti program pembinaan di Rutan," imbuhnya. (Masrun)





Berita Terkait
Lihat Semua