98 Personel dan Tiga Kapal Basarnas Disiagakan Selama Natal dan Tahun Baru 2019
20 Desember 2018
Kepala Seksi Operasi Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang, Eko Suprianto (kiri), memimpin operasi penyelamatan belum lama ini. Menurut Eko, untuk mengantisipasi hal-hal tak diinginkan selama pelaksanaan Natal dan Tahun Baru 2019, Basarnas Tanjungpinang menyiagakan sebanyak 98 personel dan 3 kapal. (Foto: Andri)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Sebanyak 98 personel dan 3 unit kapal Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang disiagakan untuk pengamanan selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2019.

Kegiatan pengamanan itu untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam serta kondisi yang akan membahayakan masyarakat Kepri nantinya. 

Kepala Seksi Operasi Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang, Eko Suprianto mengatakan, sejumlah personel itu disiap siagakan di wilayah pos siaga masing-masing, yakni SAR Batam, Tanjungbalai Karimun dan Kabupaten Lingga. 

Dengan armada kapal, KN Purworejo untuk Batam, KN Bhisma di Bintan dan RB 209 di Tanjungpinang. Sedangkan peralatan di darat berupa rescue truk dan truk personel x-trail, perahu karet dan peralatan SAR lainnya. 

"Pelaksaan operasi siaga khusus Natal dan Tahun Baru dimulai hari ini sampai 2 Januari 2019," ucapnya di Tanjungpinang, Kamis (20/12/2018). 

"Tim SAR ditugaskan di setiap Posko Natal dan Tahun Baru yaitu pelabuhan dan bandar udara," tambahnya lagi. 

Lanjutnya, pihaknya siap bekerja sama serta berkoordinasi dengan instansi terkait untuk keselamatan masyarakat. 

Eko mengimbau, bagi masyarakat yang merayakan Natal dan Tahun Baru dapat memperhatikan faktor cuaca saat hendak beraktivitas baik di laut maupun di darat. 

"Tentunya kita saling bekerjasama dengan pihak terkait seperti TNI-Polri, Syahbandar, Navigasi dan BMKG, serta instansi lainya," imbuhnya. (Masrun)




Berita Terkait
Lihat Semua