WNA Nigeria Tipu Warga Batam Hingga Rp 160 Juta
06 Desember 2018
Tiga warga Nigeria dan seorang warga Indragiri Hilir Riau yang kini diamankan di Mapolresta Barelang. (Foto: Hadi)
INILAHKEPRI, BATAM - Tiga warga negara Nigeria dan satu warga Indragiri Hilir, Riau diamankan jajaran Satreskrim Polresta Barelang. 

Mereka INC, CE, AE (warga Nigeria) dan AH (warga Indragiri Hilir)  diamankan setelah melakukan penipuan kepada warga Batam inisial MH dengan total kerugian hingga Rp 160 juta.

Kasat Reskrim Polresta Barelang AKP Andri Kurniawan mengatakan, para pelaku diamankan di Jakarta pada tanggal 28 November 2018 lalu.

Para tersangka, sebut Andri, menipu korbannya dengan mengiming-imingi mengirimkam paket uang sebanyak US$ 1,2 juta dengan syarat korban mau mengirimkan biaya pajaknya.

"Setelah korban percaya, saat itulah tersangka meminta untuk korbannya mentransfer uang dan transferan itu nilainya lebih kurang Rp 160 juta," kata Andri, Kamis (6/12/2018).

Pengiriman dilakukan bertahap. Pertama sebanyak Rp 76 juta dan kemudian Rp 84 juta.

Korban sadar telah ditipu setelah curiga paket dollar yang dimaksud tak kunjung datang.

Menurut Andri, dalam aksinya setiap tersangka memiliki peran masing-masing. Ada yang bertugas mencari korban melalui media sosial, menelepon korban, serta ada yang bertugas untuk berpura-pura menjadi petugas imigrasi Bandara Hang Nadim, Batam.

Keempat tersangka kini ditahan di Mapolresta Barelang. Mereka dijerat dengan pasal 378 junto pasal 372 tentang penipuan dan penggelapan. (Hadi)





Berita Terkait
Lihat Semua