BPOM Dapati Puluhan Konter Menjual Kosmetik Ilegal di Kota Batam
05 Desember 2018
Petugas BPOM Kepri melakukan penyisiran kosmetik ilegal di sejumlah konter yang ada di Avava Mall, Batam, Selasa (4/12/2018). Didapati puluah konter menjual kosmetik ilegal di mall tersebut. (Foto: Hadi)
INILAHKEPRI, BATAM - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) kembali melakukan penyisiran ke sejumlah konter yang menjual kosmetik ilegal di Kota Batam.

Kepala BPOM Kepri Yosef Dwi Irwan, Selasa (4/12/2018) menjelaskan, penyisiran ini merupakan kegiatan rutin BPOM Kepri dalam upaya menimalisir peredaran produk-produk tidak berizin. Salah satunya kosmetik.

Dalam penyisiran dilakukan di Avava Mall, puluhan pekerja konter menjual kosmetik didapati kabur meninggalkan konter. Petugas BPOM  mendapati puluhan konter menjual kosmetik ilegal dan langsung dilakukan penyitaan. Sejauh ini belum diketahui pasti jumlah serta asal kosmetik ilegal yang disita. 

"Kami belum merinci jumlahnya. Demikian pula apakah berasal dari luar negeri kami belum mengetahui pasti," sebut Yosef.

Menurut Yosef,  kegiatan tersebut dilakukan untuk mencari tahu dari mana asal barang.

"Dari sini kami lakukan pengembangan, agar kami tahu siapa distributornya hingga produk-produk ilegal ini bisa beredar bebas di Kepri," paparnya.

Dia menjelaskan, dalam hal ini, pelaku pengedaran produk ilegal dapat dikenakan sanksi sesuai UU Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan pasal 197 yaitu pidana penjara paling lama 15 tahun dan denda paling banyak Rp 1,5 miliar. (Hadi)





Berita Terkait
Lihat Semua