Gubernur Kepri Resmikan Mesin Listrik 24 Jam di Tiga Pulau
26 Oktober 2018
Gubernur Nurdin Basirun saat meresmikan pengoperasian mesin pembangkit listrik di Kota Batam, Kamis (25/10/2018). (Foto: IST)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Nurdin Basirun bersama jajaran General Manager PT PLN (persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepri meresmikan pengoperasian mesin listrik 24 jam untuk melayani masyarakat Pulau Kasu, Pulau Pecong serta Pulau Terong.

Peresmian dilaksanakan di Kota Batam pada Kamis (25/10/2018). Peresmian ini dirangkaikan dengan momentum peringatan Hari Listrik Nasional ke 73.

Dalam kesempatan itu, Nurdin Basirun mengatakan, sebelumnya sebanyak 1.344 pelanggan PLN di tiga pulau itu hanya menikmati pelayanan arus listrik selama 14 jam saja. Namun saat ini hingga seterusnya, masyarakatnya akan mendapatkan pelayanan selama 24 jam.

Untuk itu, Gubernur mewakili warganya mengucapkan terima kasih banyak kepada PT PLN yang telah bekerja keras untuk menerangi negeri dan tentunya akan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat nantinya.

"Mari kita optimalkan potensi yang ada agar pendidikan dan perekonomian dapat mensejahterakan warga," ucap Nurdin dalam sambutanya.

Selain peresmian listrik itu, Nurdin juga kembali memberikan apresiasi kepada PLN yang telah menyalurkan bantuan kepada masyarakat melalui tanggung jawab sosial perusahaan yang biasa dikenal Corporate Social Responsibility (CSR) 

"Bantuan CSR yang diberikan PLN, merupakan wujud kepedulian yang bernilai ibadah," tuturnya.

General Manager PT PLN (persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepri, M Irwansyah Putra mengatakan, pihaknya menambah 1 unit mesin di masing-masing Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD) di tiga pulau tersebut. Sebelumnya hanya 1 unit mesin.

Lanjut ia menyebutkan, untuk bantuan CSR kepada warga di tiga lokasi itu berupa 134 paket sembako senilai Rp20,1 juta. Selain itu, pembangunan Masjid Ulul Alban di Dabo Singkep senilai Rp65 juta dan bantuan pembangunan perumahan uztadz di Pondok Pesantren Idris Kabupaten Bintan sebesar Rp122.669.740.

"Semoga dengan tambahan waktu operasi listrik ini, masyarakat menjadi makmur di masa mendatang," pungkasnya.

Penyerahan bantuan CSR itu diserahkan langsung Gubernur Kepri, Nurdin Basirun dan MG PT PLN (Persero) UP3 Tanjungpinang, Fauzan kepada masing-masing penerima.

Acara itu juga di hadiri oleh Anggota DPRD Provinsi Kepri, Irwansyah. Kadis ESDM Amjon dan Kadis DKP Kepri Edi Sofyan serta pejabat terkait maupun tokoj masyarakat ke tiga pulau, Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam. (Rls/Masrun)




Berita Terkait
Lihat Semua