Tabrak Super Tangker, 153 Penumpang MV Voc Batavia Histeris
11 Oktober 2018
Bagian depan kapal MV Voc Batavia mengalami kerusakan setelah menabrak kapal super tangker saat dalam perjalanan menuju Tanjungpinang, Kamis (10/12/2018). (Foto: Basarnas Tanjungpinang)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Seorang penumpang Kapal feri MV Voc Batavia panik dan melompat ke laut saat kepal penumpang itu menabrak kapal tanker MT Pacific Crown di laut lepas, Kamis (11/10/2018) sekitar pukul 13.14 WIB. 

Kepala Seksi Operasi Basarnas Tanjungpinang Eko Supriyanto menjelaskan, tabrakan terjadi tepatnya pada posisi 01°42.885 U -104°42.616 T, dalam perjalanan dari Anambas menuju Tanjungpinang.

Tabrakan terjadi saat  MV Voc Batavia melaju dengan kecepatan 23 knot dengan jarak pandang 700 meter. Nakhoda baru menurunkan kecepatan ketika jarak pandang sekitar 100 meter sehingga tabrakan tak terelakkan.

Benturan dengan kapal MT. Pacific Crown mengakibatkan MV Voc Batavia mengalami kerusakan di bagian kiri depan.

Saat tabrakan berlangsung, seorang penumpang yang berada di bagian atas lambung kiri MV Voc Batavia menjatuhkan diri ke laut. Belakangan diketahui bernama Ta'ali, alamat Buton Bau-bau, Sulawesi Tenggara.

Nakhoda menyadari kejadian itu. Korban berhasil dievakuasi setelah kapal memutar haluan.

"Selanjutnya penumpang dapat diselamatkan oleh ABK MV. Voc Batavia menggunakam lifeboat," ujar Eko. 

Untungnya, tabrakan itu tidak mengakibatkan kerusakan kapal MV Voc Batavia sehingga bisa melanjutkan perjalanan menuju Tanjungpinang.

Data Basarnas Tanjungpinang, MV Voc ketika itu mengangkut sebanyak 153 orang penumpang.  Kapal yang dinakhodai oleh Zainal, warga Tanjungpinang itu, menempuh rute pelayaran Tarempa -Letung - Tanjungpinang dengan jumlah sebanyak 10 orang. 


Sementara satu kapal lainnya yakni MT. Pacific Crown. Belum diketahui asal kapal dan benderanya. Jenis kapal diduga kapal super tanker. (Andri)





Berita Terkait
Lihat Semua