Rayakan HUT Kemerdekaan RI, Fasharkan Bebaskan Masyarakat Menaiki Kapal Perang
18 Agustus 2018
Kapal perang yang bersandar di Dermaga Fasharkan Mentigi, Tanjunguban. (Foto: IST/Dispen Lantamal IV Tanjungpinang)
INILAHKEPRI, TANJUNGUBAN - Dalam rangka memperingati 73 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, TNI Angkatan Laut,  dalam hal ini Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan (Fasharkan) Mentigi menggelar kegiatan Naval Base Open Day (NBOD). 

Kegiatan dilaksanakan bersama Satuan Kapal Cepat (Satkat) Koarmada I  ini dilaksanakan di Markas TNI AL Fasharkan Mentigi, Tanjung Uban, Kabupaten Bintan, Kepuluan Riau, Sabtu (18/8/2018).

Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari  hingga 19 Agustus 2018,  dimaksudkan untuk mendekatkan TNI AL kepada masyarakat di Wilayah Kabupaten Bintan, sekaligus mengenalkan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) yakni kapal perang TNI AL, yang bermarkas di Tanjung Uban.

Dalam kegiatan NBOD ini para pengunjung dipersilahkan melihat langsung dari dekat keberadaan Markas TNI AL Fasharkan Mentigi sekaligus bisa menaiki kapal perang yang sedang sandar di dermaga dalam rangkaian Open Ship unsur-unsur Satkat Koarmada I.
 
Meskipun gratis dan terbuka untuk umum, Kepala Fasharkan Mentigi Kolonel Laut (T) Mulyatna ST mengharapkan kepada masyarakat yang akan mengikuti NBOD agar menggunakan pakaian yang rapih sebagai bentuk penghormatan kepada prajurit yang sedang melaksanakan dinas jaga. Disamping itu demi kenyamanan serta keselamatan selama berada di Markas TNI AL.

Sementara itu Komandan Satkat Koarmada I Kolonel Laut (P) Sirilus Arif Susbintoro mengatakan bahwa Satkat telah menyiapkan delapan KRI untuk menerima kunjungan warga masyarakat Bintan. 

Kedelapan KRI tersebut diantaranya KRI Barakuda-633, KRI Clurit-641, KRI Kujang-642, KRI Beladau-643, KRI Alamang-644, KRI Surik-645, KRI Siwar-646, dan KRI Parang-647. 

Kapal-kapal perang tersebut kebetulan berada di Pangkalan Mentigi karena selesai melaksanakan operasi sekaliguas akan melakukan perawatan rutin. Seluruh KRI tersebut sudah bersolek dengan memasang bendera hias untuk menyambut pengunjung dan masyarakat Bintan, sambung Kolonel Sirilus. (Andri/Rls)




Berita Terkait
Lihat Semua