Ironman Bintan 2018 Sedot 5 Ribu Wisatawan
18 Agustus 2018
Sejumlah turis menyaksikan pelaksanaan Ironkids yang menjadi pemanasan pelaksanaan Ironman 70.3 Bintan yang dilaksanakan di kawasan Lagoi Bay Bintan, Sabtu (18/8/2018). Untuk pelaksanaan tahun ini, Dinas pariwisata mencatat setidaknya ada 5.000 wisatawan yang menyaksikan pelaksanaan Ironman Bintan 2018. (Foto: Andri)
INILAHKEPRI, BINTAN - Dinas Pariwisata Bintan menghitung setidaknya ada 5 ribu wisatawan yang hadir menyaksikan pelaksanaan Ironman 70.3 Bintan 2018 yang digelar di kawasan Lagoi Bay, Bintan, Minggu (19/8/2018).

Kepala Dinas Pariwisata Bintan, Luki Zaiman Prawira ditemui di Lagoi Bay Bintan menyatakan, hotel yang ada di kawasan Lagoi, Bintan dan sekitarnya telah penuh terisi hingga 2 hari kedepan. Ribuan wisatawan mulai memadati kawasan Lagoi sejak Sabtu (18/8/2018).

"Kalau tidak percaya, silahkan cek ke hotel-hotel yang ada, ada coba lakukan pemesanan melalui aplikasi," ujar Luki.

Jumlah wisatawan ini dapat dihitung dari jumlah peserta yang tahun ini mengalami peningkatan, baik peserta Ironman maupun Ironkids.

Untuk Ironman, jumlah peserta tercatat sebanyak 1.160 peserta dari 42 kewarganegaraan. Diantaranya Singapura, Malaysia, Australia, dan Inggris.

Sedangkan untuk Ironkids, jumlah peserta untuk tahun ini juga mengalami peningkatan. Dari yang sebelumnya sebanyak 200 peserta, kini menjadi 320 peserta.

"Dari peserta yang ada, jumlah wisatawan dapat dihitung. Umumnya setiap peserta membawa 2 sampai 3 anggota keluarga," papar Luki.

Menurut Luki, penambahan jumlah partisipan ini menunjukkan meningkatnya minat terhadap olahraga triathlon. Baik dari luar negeri, maupun dalam negeri. Untuk tahun ini, Didapar mencatat, peserta Ironman dari dalam negeri berjumlah 12 persen dari jumlah peserta yang ada.

Dalam Iven olahraga memadukan dengan wisata ini,  para peserta harus  berenang sejauh 1,9 kilometer, lari 21,1 kilometer, dan bersepeda melewati sejumlah kawasan di Bintan sejauh 90 kilometer.

Para peserta akan disuguhkan dengan keindahan alam dan juga keramahan masyarakat di rute yang dilalui. Mulai Lagoi Bay, Sungai Kecil, Tanjunguban, Desa Busung, Jalan Lintas Barat, Kuala Sempang, dan kembali lagi ke Lagoi Bay. 

Dalam kesempatan ini, Luki memastikan kesiapan dari semua pihak yang terlibat sebagai panitia. Demikian pula jalur-jalur yang akan dilalui peserta. (Andri)





Berita Terkait
Lihat Semua