BC Batam Luncurkan Aplikasi Pelaporan Manifest
10 Agustus 2018
Sosialisasi penerapan aplikasi CEISA dilaksanakan BC Batam, Kamis (9/8/2018). Aplikasi ini diluncurkan BC Batam untuk mempermudah pendaftaran manifest. (Foto: Hadi)
INILAHKEPRI, BATAM -  Kantor Pelayanan Umum (KPU) Bea Cukai Tipe B Batam meluncurkan aplikasi CEISA Manifest, sebuah aplikasi untuk mempermudah pelaku usaha dalam melakukan pelaporan manifest.

Melalui aplikasi ini, proses pelaporan manifest akan lebih efisien karena bisa dilakukan secara online berbasis teknologi internet.

Kepala KPU BC Tipe B Batam Susila Brata menjelaskan, dengan adanya pengembangan PDE Internet untuk CEISA Manifest ini, proses pengiriman data manifest dari pengguna jasa dapat dikirimkan langsung ke Bea Cukai.

"Jadi tanpa harus datang ke kantor Bea dan Cukai," katanya, Kamis (9/8/2018).

Aplikasi ini rencananya akan diterapkan 27 Agustus 2018 mendatang.

Untuk memaksimalkan penerapan aplikasi ini, lanjut Susila Brata, Bea Cukai berusaha meningkatkan kestabilan jaringan, agar proses pengiriman data lancar dan berharap dapat memberikan kemudahan serta efisiensi bagi para pengguna jasa.

Dalam kesempatan sama, Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi (BKLI) BC Tipe-B Batam Raden Evy Suhartantyo berharap, setelah dilakukan sosialisasi ini,  pihaknya akan menunjuk beberapa agen sarana pengangkut sebagai piloting penerapan PDE internet Ceisa Manifest.

Melalui kegiatan ini, BC Batam juga ingin mengenalkan berbagai perkembangan dan inovasi 
kepada pengguna jasa, juga berusaha memberikan asistensi untuk tercapainya penyelesaian prosedur kepabeanan yang lebih lancar dan efisien.

Dalam kegiatan ini, pembelajaran diberikan langsung oleh Tim Sosialisasi dari Direktorat IKC Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC), yang diikuti oleh para operator dan agen pengangkut laut maupun udara di lingkungan KPU BC Tipe B Batam. (Hadi)




Berita Terkait
Lihat Semua